IBC, BELAWAN – Pesta perayaan parheheon ama Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Bethania sicanang, bukti kuatnya ikatan agama dan budaya batak di Sumatera Utara, salah satunya adalah sangat berperannya bahasa batak, tata cara adat batak dan budayanya di semua kegiatan yang sudah berjalan, Minggu (18/8/2019) kemarin.

Berlokasi di dalam Gereja dan halaman Gereja HKBP Bethania Jalan Kelapa Blok 21 Kelurahan Belawan Sicanang Kecamatan Medan Belawan Kota Medan.

Perayaan pesta parheheon Ama yang di Letuai S. Pasaribu dan didukung Pendeta (Pdt) K. Sianturi sebagai Kepala Gereja HKBP Bethania, berlangsung Hikmat dan berjalan dengan adat batak, serta masih dalam suasana hari kemerdekaan.

Acata ini dimulai dari penyerahan alat musik untuk inventaris Gereja, diikuti nyayian Koor ama HKBP Bethania, ibadah, dan nyanyian koor dari enam gereja HKBP se-Medan Utara yang diundang.

Pesta parheheon Ama HKBP Bethania ini bertujuan untuk memberi fasilitas inventaris gereja seperti alat musik dan memperkuat persatuan kaum bapak agar bisa lebih kompak dalam setiap kegiatan ibadah dan adat istiadat Batak.

Setelah selesai ibadah di dalam gereja, kegiatan dilanjut di halaman gereja, dimulai dengan acara lelang silua, makan siang, hiburan musik khas batak, Tari Tor-tor dan pemberian bansos untuk para lansia, janda dan duda.

Para tamu undangan yang mengahdari perta Parheheon Ama Gereja HKBP Bethania Sicanang, Minggu (18/8/2019). Foto : Rj/Indonesia Berita

Diperkirakan ada 600 orang yang hadir dalam pesta parheheon Ama HKBP Bethania Sicanang tersebut, turut hadir di acara tersebut pendeta resort Pdt S. Bagariang, Ketua TKBM/SPSI/Pertina Sumut Sabam Manalu, Awak media, beberapa utusan perwakilan gereja-gereja dan di meriakan oleh Lamhot Sihombing, Quent Akustik, Sihotang Musik, serta hadiah-hadiah Lucky Draw untuk hiburan.

Ketua TKBM/SPSI Pertina Sumut Sabam Manalu memberi ucapan selamat bagi Ama HKBP Bethania.

“Selamat buat Ama HKBP Bethania, mudah-mudahan bisa selalu kompak dan bisa menjadi contoh yang baik bagi semua orang.” ucap Sabam.

Pdt K. Sianturi selaku Kepala Gereja HKBP Bethania mengucapkan trima kasih atas kehadiran para undangan.

“Karena masih suasana hari kemerdekaan kita mulai dari kata merdek, Merdeka merdeka. Kami berterimakasi kepada Bapak/i saudara/i yang sudah hadir dalam pesta parheheon Ama HKBP Bethania sicanang ini, mudah mudahan Tuhan selalu memberi kita umur yang panjang agar kita bisa bertemu kembali dalam keadaan sehat.” ucap Pdt S. Sianturi.

Masih terlihat dalam suasana HUT RI, pernak pernik hari kemerdekaanpun masih terpasang di seputaran acara.
Acara sangat meriah, berjalan dengan sukses, aman dan damai.

Penulis : Rj Samosir

Editor : MAS