IBC, SUBULUSSALAM – Upacara pengibaran bendera dalam rangka meriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia di Kecamatan Sultan Daulat terlaksana dengan penuh khidmat.

Setelah selesai melaksanakan upacara bendera, anak-anak didik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sultan Daulat menampilkan sebuah drama yang mengangkat sejarah perjuangan Cut Nyak Dien dalam berjuang untuk melawan para penjajah.

“Saya menangis karena saya sangat terharu dengan penampilan anak-anak dari SMKN 1 Sultan Daulat, dan ternyata begitu berat perjuangan Cut Nyak pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.” ujar seorang peserta upacara.

Selain itu penampilan siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Sultan Daulat tidak kalah menarik. Anak-anak didik SMAN1 juga menampilkan beberapa hiburan, seperti musik dan baca puisi oleh perserta didik.

Setelah mengikuti semua prosesi upacara kemerdekaan Indonesia, Camat Kecamatan Sultan Daulat Mulyadi dan seluruh Muspika, Ketua organisasi Ikatan Pemuda Sultan Daulat (Ikapas) M. Joni dan kepala desa se-Kecamatan Sultan Daulat menyempatkan waktu untuk berziarah ke makam salah satu raja yang sangat berjasa dalam peperangan mengusir para penjajah, raja itu bernama Sultan Daulat, yang cikal bakal nama Kecamatan Sultan Daulat diambil dari nama raja tersebut.

“Ini adalah salah satu bentuk kecil ungkapan rasa terimaksih dan penghormatan kita kepada para pejuang kemerdekaan” ujar Camat Kecamatan Sultan Daulat Mulyadi.

Di dalam momentum hari kemerdekaan Negara Republik Indonesia ini, Mulyadi berharap kepada seluruh elemen masyarakat jangan lupa sejarah para pejuang kemerdekaan dan selalu menghargai perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

“Jangan lupakan sejarah para pejuang kemerdekaan.” harapnya.

M. Joni menambahkan dalam waktu dekat dia dan seluruh anggota Ikapas akan mengagendakan untuk melakukan ziarah dan bakti sosial membersihkan makam raja Sultan Daulat dan beberapa makam para pejuang kemerdekaan yang ada di kecamatan Sultan Daulat.

“Dalam waktu dekat Ikapas akan melakukan ziarah dan bakti sosial.” tambah Joni.

Penulis : Ipong

Editor : MAS