IBC, ACEH TIMUR – Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, masyarakat Kecamatan Nurussalam Bagok masih di hibur oleh acara Rapai Daboh yaitu yang biasa dikenal debus yang merupakan kesenian budaya tradisonal Aceh.

Dalam acara tersebut dihadirkan satu regu Rapai Daboh yaitu dari Aceh Timur yang diadakan di Pasar Keude Ulee Ateung Bagok, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (18/8/2019) malam.

Acara ini dilaksanakan selain memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke -74 Rapai Daboh ini juga untuk mempertahankan kesenian kebudayaan Aceh yang hampir hilang yang hampir dilupakan oleh generasi muda sekarang.

Pantauan Indonesia Berita ratusan masyarakat memadati lokasi acara untuk menyaksikan berbagai atraksi yang diperlihatkan oleh Regu Rapai Daboh tersebut secara bergantian.

Rapai Daboh atau yang lebih dikenal dengan nama debus adalah sebuah pertunjukan seni yang sedikit ekstrim yang terkenal di Aceh, walaupun banyak atraksi mengerikan yang dilakukan oleh pedebus, namun itu tidak mengurungkan dan mengurangi niat masyarakat Aceh untuk menyaksikan pertunjukan kesenian tersebut.

Penulis : Lukfarr

Editor : MAS