Gagal Wisuda, Mahasiswa Bakar Baju Toga

IBC, TERNATE – Sidang terbuka senat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate, wisuda ke VII program magister, sarjana dan Diploma III tahun 2019 pada Selasa (20/8/2019) diwarnai aksi unjuk rasa.

Aksi tersebut lantaran sejumlah mahasiswa pasca sarjana tidak diwisudakan dan merasa dirugikan karena jurusan yang mereka tekuni belum terakreditasi.

Berdasarkan pantauan langsung Indonesia Berita, dalam aksi tersebut salah seorang mahasiswa yang gagal wisuda melampiaskan kekecewaan dengan membakar baju toga.

Adam Basirun selaku koordinator aksi mahasiswa pasca sarjana yang gagal wisuda dalam orasinya menyebutkan,  bahwa pihak kampus harus bertanggung jawab atas 43 mahasiswa Pasca Sarjana Jurusa Hukum Keluarga Islam (HKI)  dan Hukum Ekonomi Syariah (HES) IAIN Ternate.

“Pihak kampus segera mengembalikan uang perkuliahan dan menutup Program Studi tersebut karena dinilai ilegal dan sudah memakan korban contohnya adalah saya,” papar Adam.

Lanjut Adam mengatakan, dalam waktu dekat ia bersama teman-teman akan memproses ini secara hukum. “Ingat kami akan tempuh jalur hukum agar kampus segera bertanggung jawab atas tindakan teledor yang diperbuat,” tegas Adam melalui pengeras suara.

Tidak hanya itu, dirinya mengimbau agar maayarakat Maluku Utara jika hendak menyekolahkan anak di kampus IAIN harus selektif dalam memilih program studi (prodi). “Masyarakat Maluku Utara bila mana masuk ke kampus IAIN Ternate agar berhati-hati dan mengecek jurusan sebelum mendaftar,” ajak Adam.

Di tempat terpisah Rektor IAIN Ternate Samlan Hi Ahmad ketika ditemui, mengaku tidak mengetahui aksi yang digelar oleh mahasiswanya. “Oh iya saya tidak tahu kalau ada demo,” singkat Rektor dengan nada kaget.

Sementara terkait dua jurusan tersebut, Samlan mengaku saat ini masih diurus proses akreditasinya.

“Lambatnya akreditasi karena ada regulasi baru sehingga menghambat akreditasi, saya mengimbau kepada mahasiswa dua jurusan tersebut agar cuti sehingga mengurangi biaya perkuliahan tapi konsultasi akademik tetap berlaku,” pintanya.

Untuk diketahui, sidang senat IAIN Ternate Wisuda ke VII kali ini dilaksanakan di Gedung Duafa Center Kota Ternate dengan peserta wisuda magister, sarjana dan diploma III sebanyak 240 mahasiswa.

Penulis: Gamal M.

Editor : MAS

Komentar
Loading...