IBC, MERANTI – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 48 Desa dari 102 desa dikabupaten Kepulauan Meranti yang akan digelar pada 26 Agustus 2019 mendatang,

Panitia Pilkades Desa Sonde Kecamatan Rangsang Pesisir menggelar penyampaian visi misi Calon Kepala Desa hari ini, Senin (19/8/2019).

Kegiatan yang dilakukan untuk memberikan gambaran mengenai visi, misi dan program kerja para calon kades kepada masyarakat ini dilakukan mengacu pada rumusan dalam pasal 31 hingga pasal 39 Undang-Undang Desa, yaitu proses pemilihan Kepala Desa berdasarkan tahapan tahapan, antara lain sebelum pemilihan, saat pemilihan, dan setelah pemilihan. Sebagaimana yang ditegaskan oleh Ketua Panitia Pelaksana Pemilihan (PPS) Kepala Desa tersebut.

“Saat ini kami masih melakukan tahapan sebelum pemilihan, yaitu mengadakan penyampaian Visi dan Misi Calon Kades, ini dilakukan guna memberikan gambaran mengenai tentang program kerja dan target yang akan dicapai oleh para calon kades tersebut kepada masyarakat.” kata Adnan.

Lebih lanjut Adnan juga menjelaskan bahwa sebelumnya sudah dilakukan beberapa tahapan, yaitu penjaringan dan penyaringan bakal calon.

“Demi kelancaran dan kesoksesan Pemilihan Kepala Desa ini, kami melakukan semua proses tahapan sesuai ketentuan yang ditetapkan, yang mana sebelum dilakukan penyampaian visi misi ini, para calon sudah dilakukan penjaringan dan penyaringan bakal calon berdasarkan persyaratan.” tambah Ketua Panitia.

Empat kontestan Cakades yang ikut dalam pilkades Desa Sonde. Foto : Noeradi/Indonesia Berita

Harapan senada juga dikatakan Pemerintah Kecamatan Rangsang Pesisir, melalui Sekretaris Camat mengharapakan semua kontestan yang ikut dalam pilkades ini menghormati atiran yang sudah ditentukan.

“Kita berharap pelaksanaan pemilihan kepala desa sonde ini berjalan lancar melalui tahap demi tahap sehingga terpililihnya kades definitif nanti. Kita juga berharap kepada semua kontstan yang ikut pada pemilihan ini agar mematuhi semua ketentuan yang sudah ditetapkan panitia, tentunya panitia menetapkan peraturan bersumber dari aturan yang berlaku.” ujar Masnawi.

Selain itu, atas nama Pemerintah Kecamatan, Masnawi tidak mau mendengar ada gejolak dan gesekan politik hingga menimbulkan pepecahan.

“Selain itu saya juga mengharap semua pihak saling menjaga kesetabilan situasi agar tetap kondisif. Kita tidak mau mendengar ada gesekan-gesekan sehingga menghambat jalannya proses pemilihan. Kita mau pemilihan ini berjalan lancar hingga selesainya masa pemilihan.” katanya lagi.

Adapun mekanisme pemaparan visi misi calon Kepala Desa yang ikut dalam pemilihan Kepala desa Sonde periode tahun 2019/2025 ini, sedikit berubah dari tahun sebelumnya, yang mana para calon tidak dibenarkan melontarkan serta menjawab pertanyaan baik sesama calon maupun dari segenap pendukung dan masyarakat yang hadir.

Pemaparan visi misi juga dilakukan sesuai dengan nomor urut calon yang sudah ditetapkan seblumnya, yaitu Hasan nomor urut satu (1), Sapri nomor urut dua (2), Hasan. T nomor urut tiga (3) dan Syahril nomor urut empat (4).

Penulis : Noeradi

Editor : MAS