IBC, MERANTI – Kesederhanaan Visi dan Misi Edi Murkan, calon Kepala Desa Lemang periode 2019/2025, sangat sederhana dan sesuai dengan apa yang sudah dilakukannya pada periode sebelumnya, yaitu bersama masyarakat membawa Desa Lemang lebih maju dan bermartabat.

Hal itu disampaikannya dalam acara pemaparan visi dan misi calon Kepala Desa Lemang, yaitu salah satu proses tahapan dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa yang dilaksanakan di balai kesenenian Desa lemang Selasa (20/8/2019).

Lebih lanjut mantan Kepala Desa Lemang periode 2012/2018 ini juga mengatakan misinya masih sama dengan dengan misi sebelumnya.

“Masih melanjutkan apa yang masih belum terealisasi pada masa jabatannya.” lanjutnya.

Misi yang telah dilakukan pada jabatan sebelumnya yaitu dipoin 1 (satu) mempermudah segala urusan masyarakat.

Hal ini diakui oleh masyarakat merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan selama jabatannya, dan dipoin 2, mengutamakan pelayanan kepada masyarakat miskin.

Dalam poin ini dapat dibuktikan dengan bantuannya kepada masyarakat kurang mampu, seperti terlihat pada pembagian raskin, satu-satunya Desa di kabupaten ini yang menyalurkan raskin dengan harga sesuai pedum raskin hanyalah Desa Lemang, yaitu sebesar 1.600 rupiah perkilogram.

Adapun misi beliau yang selanjutnya yaitu membangun infrastruktur desa yang berkualitas, misi ini juga sudah dilakukannya, seperti yang terlihat pada penggunaan dana (DDS) 2018 tahap 2 (dua) pembangunan dua unit lapangan volly dengan volume 24,00 x 12,00 x 0,12 meter, serta pembangunan satu panggung seni dengan volume 9,00 x 6,00 meter, yang diperkirakan menggunakan dana sebesar Rp.323.061.000, dalam masa kerja 60 hari, yang mendapatkan hasil sangat memuaskan.

Fakta tersebut diatas juga diakui masyarakat setempat, ketika salah seorang masyarakat yang mengikuti acara visi misi itu mengatakan sudah mengenal dan sudah merasakan nikmat pembangunan selama pemerintahannya.

“Kita sudah tau cara kerjanya, dan kita sudah merasakan pelayanannya kepada masyarakat, untuk kedepannya mengapa kita harus mencoba yang belum kita tau.” tutur masyarakat yang tak mau disebutkan identitasnya.

Menurut penuturan mantan Kepala Desa Lemang apa yang sudah dilakukan sebelumnya semata-mata untuk menjalankan sebuah amanat yang diberikan oleh msyarakat, untuk itu ia bekerja juga untuk masyarakat.

“Apa yang sudah saya lakukan itu adalah sesuatu yang wajar, karena kita di amanatkan oleh rakyat dan sudah seharusnya bekerja untuk rakyat. Bahkan jabatan ini hanyalah titipan, maka kita harus menjaga titipan itu sebagaimana yang dipesankan oleh penitip.” tutur Edi Murkan kepada Indonesia Berita, Rabu (21/8/2019).

Lebih lanjut Edi Murkan juga mengatakan kedepannya ia juga akan mewacanakan Desa Lemang menjadi Desa Mandiri, sebagaimana sudah diprogramkan pemerintah pusat.

“Menjadikan Desa mandiri adalah instruksi dari pemerintah pusat, dan mewacanakan Desa Lemang menjadi Desa mandiri adalah perioritas kita bilamana diberi amanat oleh masyarakat kedepan, karena potensi desa ini sangat mendukung, hal itu dikarenakan Desa Lemang adalah pintu gerbang ke Pusat Kabupaten.” tambah Edi.

Penulis : Noeradi

Editor : MAS