IBC, LANGSA – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dan Tim Inovasi Kota (TIK) Langsa adakan kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) tingkat Kecamatan Langsa bertempat pasar Langsa Lama, Gampong Pondok Pabrik, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Kamis (22/8/2019).

Acara itu bertema, “Melalui Inovasi Desa Kita Wujudkan Masyarakat Kecamatan Langsa Lama yang maju, mandiri dan Sejahtera”.

Sekretaris TIK Langsa, Ernie Yanti mengatakan bahwa, Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawacita pemerintah untuk meningkatkan kapasitas desa sesuai dengan UUD nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“PID meupakan upaya Pemerintah Aceh untuk mewujudkan agenda Nawacita.” ujar Ernie.

Ia menyebutkan, salah satu tahapan pokok PID adalah pelaksanaan BID sebagai sebuah forum penyebaran dan pertukaran Insiatif atau Inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa sekaligus sebagai wahana pertukaran pengetahuan dan inovasi desa.

“Salah satu tahapan pokok PID adalah pelaksanaan BID.” sebut Ernie.

Pada tahun anggaran 2019, BID dilaksanakan disetiap kecamatan. BID merupakan media belajar bagi masyarakat dan pemerintah desa untuk memperoleh informasi (referensi) yang dapat mendukung pembangunan desa.

Selanjutnya Ernie menyampaikan BID tersebut dilaksanakan untuk membantu desa dalam meningkatkan kualitas kegiatan-kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang akan didanai oleh dana desa.

“Dengan menyajikan inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan-kegiatan bagi pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang dinilai inovatif dan terbukti berhasil.” paparnya.

Ernie berharap kepada Badan Usaha Milik Gampong (BUMG), produk-produk yang telah tampil atau untuk dipasarkan.

Kepada masyarakat daerah maupun masyarakat luar sebaiknya produk tersebut terlebih dahulu diberikan alamat yang jelas seperti lebel produksi, nomor handphone atau whatsapp, twitter dan lain sebagainya.

“Hal ini bertujuan agar konsumen (pembeli) lebih mudah untuk mengenal dan mencari product tersebut,” ucapnya.

Dari pengamatan media Indonesia Berita, sejumlah desa yang terdiri dari Gampong Sidorejo, Meurandeh Aceh, Meurandeh Dayah dan Simpang Lhee menunjukan hasil kreatifnya masing-masing pada acara tersebut.

Hadir pada acara itu, Tim Inovasi Kota Langsa, Camat Langsa Lama, Danramil Langsa Timur mewakili, Kapolsek Langsa Timur mewakili, Imum Mukim Langsa Lama, Para Geuchik dalam Wilayah Kecamatan Langsa Lama, Tokoh masyarakat dan seluruh para undangan.

Penulis : Iqbal

Editor : MAS