IBC, MERANTI – Dalam upaya mendongkrak pembangunan desa dan peningkatan perekoniman masyarakat melalui potensi desa, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Riau harapkan semua desa segera membentuk Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Demikian disampaikan Kasi Komunikasi dan Informasi Provinsi Riau, Ita Mariani dalam acara pembinaan KIM se-Kabupaten Kepulauan Meranti di Desa Anak Setatah, Kamis (28/8/2019).

“Di tahun 2019 ini terdapat anggaran untuk pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat di tujuh Kabupaten/Kota, dan Kebupaten Meranti adalah yang terakhir dari acara pembinaan ini. Adapun Rangsang Barat menjadi pusat pembinaan ini karena menurut kami beberapa desa yang sudah mengembangkan potensinya ada di sini,” ujar Ita Mariani.

Menurutnya, saat ini KIM seharusnya sudah eksis sebagai sarana penyampaian informasi dari masyarakat desa ke kabupaten, provinsi bahkan sampai ke tingkat nasional, dan sebaliknya.

“Harapan kami selaku orang yang membina dari Provinsi, setelah melakukan sosialisai, KIM ini sudah eksis untuk menyampaikan segala bentuk informasi agar diketahui masyarakat luas bahkan ke dunia internasional. Dan kita juga mengarahkan agar KIM ini dibentuk suatu wadah atau forum, guna menyambung informasi ke dunia luar,” tambah Ita Mariani.

Sementara itu Camat Rangsang Barat, Syaiful Ikram yang mendukung penuh kegiatan ini berharap KIM dapat menjadi ujung tombak perekonomian masyarakat.

“Peran Kelompok Informasi Masyarakat sangatlah penting hari ini, karena dengan informasi kita bisa berkomunikasi dengan dunia luar, terutama dalam hal promosi potensi daerah kita ini. Sehingga kita bisa menarik pengunjung datang ke tempat ini. Dan dengan kedatangan mereka secara otomatis membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat yang sekaligus bisa mengangkat perekonomian masyarakat,” Pungkas Syaiful Ikram.

Penulis: Noeradi
Editor: MAS