IBC, JAKARTA – Akibat adanya isu rasial yang terjadi di Surabaya beberapa waktu yang lalu, menimbulkan reaksi di tanah Papua, bahkan telah menelan korban jiwa dari pihak keamanan dan masyarakat. Akibat hal tersebut pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informasi mengeluarkan kebijakan pembatasan layanan data.

“Kebijakan pemerintah hanya melakukan pembatasan atas layanan data (tidak ada kebijakan black out) sementara layanan suara (menelepon/ditelepon) serta SMS (mengirim/menerima) tetap difungsikan,” ujar Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara dalam pernyataan persnya yang diterima redaksi pukul 23.00, di Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Rudiantara ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel, di Jayapura. “Yang terjadi di Jayapura, ada yang memotong kabel utama jaringan optik Telkomsel yang mengakibatkan matinya seluruh layanan telekomunikasi di beberapa wilayah Jayapura,” ungkap dia.

Namun demikian lanjutnya, Telkomsel sedang berusaha untuk memperbaiki kabel yang diputus atau melakukan pengalihan trafik agar layanan suara dan SMS bisa segera difungsikan kembali.

“Kami juga sudah koordinasi dengan POLRI/TNI untuk membantu pengamanan perbaikan di ruang terbuka,” pungkas Rudiantara.

Penulis : FA
Editor : YES