IBC, TOLITOLI – Kapal Motor (KM) Koko bersama 14 orang Anak Buah Kapal (ABK) ditemukan selamat setelah dilaporkan hilang sejak Senin (26/8/2019) akibat mengalami kerusakan mesin di sekitar perairan laut Desa Ogotua, Kecamatan Dampal Utara Sulawesi Tengah.

Kapolsek Dampal Utara IPTU Arifin menyebutkan, bahwa hilangnya kapal ikan nelayan KM Koko diketahui berdasarkan laporan dari warga Desa Ogotua.

“Salman warga Desa Ogotua datang melaporkan KM Koko belum kembali dari melaut sudah 3 hari 4 malam, menurutnya biasanya warga Desa  Ogotua melaut dan kembali itu paling lama 2 hari,” kata IPTU Arifin, Kamis (29/8/2019).

Arifin mengatakan, usai menerima laporan pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Kepala Pos TNI Angkatan Laut wilayah Dampal Selatan, Dampal Utara dan pengawas pelabuhan TPI Ogotua serta pemilik kapal yang ada di Desa Ogotua untuk melakukan pencarian.

Polsek Dampal Utara juga berkoordinasi dengan Kantor Basarnas Tolitoli dan Basarnas Palu saat pencarian berlangsung.

“Sekira pukul 13.00 WITA dilakukan pencarian terhadap kapal nelayan yang hilang kontak dengan menggunakan 4 kapal nelayan lainnya namun belum membuahkan hasil. Sekira pukul 16.30 WITA salah satu ABK kapal KM Koko tiba tiba menghubungi keluarganya di Desa Ogotua. Jamri, Salah Satu ABK KM Koko menelpon keponakannya bernama Fika. Dia menyampaikan bahwa mereka sudah berada di wilayah laut Kabupaten Buol dan sedang ditarik oleh kapal ikan nelayan ke arah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah,” ungkap Arifin.

Dijelaskannya, KM Koko mengalami kerusakan mesin pada pompa oli dan girbox. Kapal nahas ini kemudian ditemukan di wilayah perairan Buol oleh KM Setiawan 999.

“Sekira Pukul 20.20 WITA, KM Koko bersama 14 orang ABK yang ditarik oleh KM Septiawan 999 tiba di Dermaga Poyapi  Kabupaten Buol dalam keadaan selamat. Saat ini 14 ABK berada di rumah salah seorang warga untuk dilaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh pihak Puskesmas Kecamatan Biau, Kabupaten Buol,” terang Arifin.

Hingga berita ini ditayangkan, seluruh ABK dikabarkan dalam keadaan sehat. Sementara itu KM Koko saat ini ditambatkan di dermaga kapal ikan Poyapi Kelurahan Buol, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol.


Berikut 14 ABK KM Koko yang di temukan selamat, Suardi (Nakhoda), Jamri, Janwar, Hendra, Ucang, Adi, Icang, Poya, Ardin, Ubah, Dandi, Ile, Risman dan Usman.

Penulis: Alam
Editor: MAS