IBC, JAKARTA – Mitos sering dikaitkan dengan hal-hal di luar nalar manusia, sering orang tua mengingatkan anak-anaknya agar mengerjakan sesuatu untuk selalu berhati-hati, dengan kata-kata terdengar ‘menakutkan’, tapi jangan khawatir akan hal tersebut, ini penjelasan ilmiahnya.

Kali ini Klenikers, kita akan membedah persoalan ketindihan hantu badan terasa berat untuk digerakkan, suara terasa kaku untuk bicara, nah di sinilah seseorang sering melihat hal-hal yang menyeramkan.

Penjelasan ilmiahnya, menurut medis hal itu dinamakan dengan sleep paralysis yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara sinyal yang masuk dan keluar dari dalam otak.

Organ tubuh tidak dapat menerima perintah otak, karena itu membuatnya tidak bisa bergerak. Selain itu, membuat seseorang berhalusinasi seperti mendengar suara atau melihat sosok misterius.

Mau tahu penyebabnya? sleep parlysis dapat terjadi ada beberapa penyebabnya, antaranya tidur yang tidak teratur, kurang istrahat, posisi tidur, insomnia, riwayat keluarga, tekanan psikologis, seperti stres dan depresi.

Berbagai sumber