IBC, JAKARTA – Ternyata bumi Cendrawasih tak hanya kaya dengan sumber daya alam perut buminya, melainkan juga destinasi pariwisatanya di Papua yang wajib travelers ketahui.

Raja Ampat, siapa yang tidak pernah mendengar nama Raja Ampat, meskipun tidak pernah ke sana setidaknya familiar ditelinga travelers, memang pemerintah tengah gencar mempromosikan tempat wisata yang satu ini. Bahkan menjadi andalan wisata Provinsi Papua dan Indonesia secara khusus selain pulau Dewata.

Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik buat penyelaman dunia.

Selain Raja Ampat, ada juga destinasi wisata Taman Nasional Lorenz, sebagai taman nasional yang terletak di Provinsi Papua yang terbesar di Asia Tenggara, yang merupakan situs warisan dunia Unesco sejak tahun 1999.

Teluk Trinton, dilansir dari adeevatravel adalah sebuah teluk yang terletak di Kabupaten Kaimana Papua, wilayah ini menjadi terkenal karena adanya surga di bawah laut serta warisan budaya di dalamnya.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih, menjadi habitat berbagai jenis flora dan fauna, baik dilindungi maupun yang tidak dilindungi. Terumbu karang terdapat 200 jenis, ikan 209 jenis, moluska 197 jenis, reptil 5 jenis, mamalia 3 jenis, burung 37 jenis, dan fauna darat 183 jenis. Jenis ikan yang diketahui saat ini 209 jenis dari 65 famili.

Penulis : FA/DR