IBC, JAKARTA – Kerusuhan di Bumi Cendrawasih, Papua ternyata melibatkan sejumlah tokoh Papua, Benny Wenda yang merupakan Ketua Persatuan Gerakan Pembebasan untuk Papua Barat (ULMWP).

Kepala Kantor Staf Kepresidenan, Moeldoko, menduga tokoh separatis tersebut terlibat dalam aksi kerusuhan beberapa waktu yang lalu. “Ya jelas Benny Wenda,” ujar Moeldoko, di KSP, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2019).

Ia menyampaikan, bahwa berdasarkan penelusuran pemerintah, Benny Wenda yang bermukin di Inggris telah melakukan berbagai upaya mobilisasi terkait aksi di Papua. Mantan Panglima TNI juga menyebut tokoh separatis itu juga menyebarkan informasi bohong tentang Papua.

Baca Juga : Ini Alasan Jokowi Tidak ke Papua

“Ini persoalan politik, jadi pendekatannya politik, gak bisa pendekatannya militer. Lebih politik karena dia bergerak di peran politik,” ungkap Moeldoko.

Dia juga menambahkan, bahwa pemerintah akan berkoordinasi dengan pemerintah Inggris mengenai Benny Wenda, langkah tersebut menurutnya sebagai bentuk pendekatan politik untuk mangatasi persoalan Papua.

Penulis : FA/JRA