IBC, MINAHASA – Sejumlah masyarakat Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara mengeluhkan tindakan oknum Camat Tombariri yang diduga telah melakukan pungutan liar (pungli) kepada kepala desa (kades) di kecamatan setempat.

Masyarakat menyebut, bahwa oknum camat telah memungut dana sebesar Rp1 juta dari tiap kades di Kecamatan Tombariri dengan dalih sebagai dana perayaan HUT RI ke-74.

Hal ini dibenarkan oleh salah seorang kades di kecamatan setempat yang berhasil ditemui oleh pewarta Indonesia Berita di kediaman pribadinya.

Baca Juga : Terkait Kasus Korupsi, Kejari Tomohon Tahan Eks Plt PD Pasar

“Betul, saya sudah memberikan uang kepada camat melalui sekretarisnya sebesar Rp1 juta,” ungkap kepala desa yang namanya tidak ingin disebutkan, Senin (19/8/2019).

Kades tersebut mengatakan, bahwa uang itu akan dipakai untuk biaya konsumsi selama karantina pasukan pengibar bendera (Paskibra) di Kecamatan. Sedangkan sisanya, dipakai untuk biaya HUT RI di Kecamatan Tombariri.

“Ada 10 Desa yang telah memberikan uang kepada Camat Tombariri,” ungkapnya.

Pihak Indonesia Berita telah beberapa kali melakukan upaya konfirmasi kepada oknum camat tersebut. Namun yang bersangkutan selalu tidak berada di kantor ketika pewarta datang. Selain itu, upaya konfirmasi via pesan singkat WhatsApp juga sudah dilakukan dan tidak mendapat jawaban hingga berita ini ditayangkan.

Penulis: Petra/MAS