IBC, MERANTI – Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Wartawan Republik Indonesia Bersatu (DPC PWRI-B) Kabupaten Kepulauan meranti, berangkatkan sejumlah awak media yang menjadi anggotanya untuk mengikuti pendidikan Journalist Centre di Pekanbaru.

Ketua DPC PWRI-B Kabupaten Kepulauan Meranti, Fadli mengatakan, pendidikan dan pelatihan jurnalistik sangat penting bagi wartawan. Untuk itu pihaknya sangat konsisten untuk memotivasi dan menggesa wartawan yang tergabung di PWRI-B guna meningkatkan kompetensinya.

“Ini guna menunjang profesionalisme para wartawan di Meranti, khususnya wartawan yang tergabung di PWRI-B. Kita akan melahirkan wartawan yang terampil dalam menjalankan tugasnya. Untuk itu kita akan memberangkatkan anggota kita ke Pekanbaru,” tegas Fadli, Selasa (3/9/2019).

Pelatihan wartawan yang diselenggarakan Lembaga Pendidikan Wartawan Pekanbaru Jurnalist Center (PJC) tersebut mengusung tema ‘Strategi Wartawan Menghadapi Kekerasan’. Dijadwalkan giat ini akan berlangsung pada 7 September 2019 mendatang.

“Nantinya wartawan yang mengikuti pelatihan jurnalis akan mendapatkan beberapa materi pelatihan seperti teknik menulis berita dengan santun dan menarik, praktik wawancara, delik pers, dan menghindari wartawan dari Jerat pidana dan strategi menghindari kekerasan terhadap pers. Dan dengan pendidikan ini juga kita berharap wartawan yang tergabung di PWRI-B adalah wartawan yang bekerja sesuai KEJ (Kode Etik Jurnalistik),” tandas Fadli.

Penulis: Noeradi/MAS