IBC, JAKARTA – Bicara hantu tentunya akan langsung mendorong pikiran kita menuju sosok gentayangan dan mengerikan yang dapat membuat kita merinding serta takut. KBBI mendefiniskan hantu sebagai roh jahat. Sedangkan wikipedia mendefiniskannya bisa berbeda-beda tergantung agama, peradaban, maupun adat istiadat, namun merujuk pada roh atau arwah yang meninggalkan badan karena kematian.

Terlepas dari itu semua, ternyata ada pundi-pundi emas yang tersimpan dalam sosok hantu. Sifatnya yang jahat, jahil, mengerikan, dan menakutkan adalah bentuk komoditinya untuk diperdagangkan. Contohnya adalah dunia perfilman. Tak pelak para produsen film dapat meraup untung besar hingga miliaran rupiah dalam setiap produksi film horornya.

Baca juga : Mitos Ditindih ‘Hantu’, Ternyata Ini Penjelasan Medisnya?

Yuk simak, hantu-hantu miliarder yang dapat dihimpun oleh redaksi IBC berikut ini.

Kuntilanak. Mitosnya adalah perempuan hamil yang meninggal dunia (akibat korban perkosa), sehingga banyak cerita rakyat yang beredar bahwa hantu ini adalah hantu penasaran yang kadang tertawa dan menangis (ingin balas dendam). Tidak sedikit film yang dibintangi oleh hantu ini sebut saja satu film “Kuntilanak” (2006) arahan sutradara Rizal Mantovani dan dibintangi Julie Estelle. Film ini sukses meraup sekitar Rp30 miliar.

Ilustrasi kuntilanak. Foto : brilio

Sundel Bolong. Hampir serupa dengan kuntilanak namun yang membedakannya adalah adanya lubang disisi tubuh belakang. Sundel merujuk pada sosok perempuan (jalang/pelacur), dan bolong merujuk bahasa jawa sebagai berlubang tembus. Dalam perfilman nasional sosok Suzana (alm) kerap berperan sebagai sundel bolong. Dalam film “Beranak Dalam Kubur” versi remake (2018) besutan Soraya Intercine Films ini berhasil meraup penghasilan kotor sebesar Rp112 miliar.

Ilustrasi sundel bolong. Foto : twitter.com/kisahtanahjawa

Pocong. Adalah masuk dalam jajaran hantu dalam negeri dan ikut menjadi sosok yang laris manis dalam dunia perfilman nasional. Dalam film “Tali Pocong Perawan” (2008) hasil produksi Maxima Pictures dengan bintang peran Dewi Persik, film ini berhasil meraup pendapatan kotor sekitar Rp37 miliar.

Ilustrasi pocong. Foto : Pocong 2/idntimes

Vampir. Hantu barat ini tak kalah tenarnya di Indonesia. Hantu asal dari eropa timur ini kerap dikontrak oleh produsen film Hollywood. Pasti kita ingat dengan film “Twilight” (2008) yang dibintangi oleh Kristen Stewart and Robert Pattinson. Film bergenre romantis yang mengisahkan drama cinta manusia dengan vampir ini mampu mendatangkan uang sebanyak Rp4,7 Triliun.

Ilustrasi vampir. Foto : Christian Schreiber/youtube

Zombi. Digambarkan sebagai mayat hidup yang memiliki nafsu memakan daging dan otak manusia. Sosok ini menjadi populer sejak di dokumentasikan secara komersil dan masal. “World War Z” film besutan Marc Forster dan dibintangi oleh Brad Pitt pada tahun 2013 ini mampu menghasilkan pendapatan sebanyak Rp7,1 triliun.

Ilustrasi zombie. Foto : latercera.com

Soo.. masih takut hantu? Atau tertarik menjadi hantu?

Penulis : DG/AS