IBC, JAKARTA – Anjing diketahui telah lama hidup berdampingan dengan manusia. Hal ini diperkuat dengan lukisan-lukisan pada gua maupun media lainnya yang berusia hingga ribuan tahun lalu.

Dulunya kepemilikan anjing menjadi penegas status sosial pemiliknya. Selain itu anjing juga dimanfaatkan sebagai binatang penjaga dan sekaligus sebagai pemburu. Namun demikian sifat kesetiaannya mampu menjadikan anjing sebagai pilihan peliharaan bagi penyayang binatang.

Tapi tahukah anda dari sekian ratus jenis ras anjing yang kian berkembang hingga saat ini hanya ada beberapa jenis ras yang dipercayai sebagai ras anjing tertua.

Berikut ini adalah deretan anjing ras tua dunia yang dapat dihimpun oleh tim redaksi IBC.

Saluki (Greyhound Persia), berasal dari jazirah Arab dan diduga menjadi anjing pertama yang dipelihara oleh manusia. Hal ini diperkuat dengan penemuan gambar pada tembikar berusia 7000 tahun yang ditemukan di daerah Susa, Persia (Irak). Saluki juga dikenal sebagai anjing gurun karena kerap mengembara dan memburu hewan melintasi padang gurun bersama majikannya. Dinegara asalnya anjing berperawakan tinggi dan ramping ini juga dijadikan sebagai anjing pembalap, kemampuan larinya bisa mencapai 70 km/jam lho.. (Foto : pets4homes.co.uk)

Shiba Inu, adalah jenis ras anjing asal Jepang dan berukuran tubuh sedang. Anjing ini sangat populer dinegara asalnya dan dipercayai telah ada dan dipelihara orang Jepang sejak jaman Jomon (sebutan jaman prasejarah kepulauan). Sebagai pemburu hewan kecil, Shiba Inu memiliki karakter berani dan waspada serta tahan terhadap cuaca dingin dan cuaca panas. (Foto : CC BY-SA 3.0/wikipedia)

Afghan Hound, merupakan ras anjing pemburu asal Afganistan yang memiliki kecepatan dan penglihatan yang baik. Anjing ini dipercayai telah ada sejak jaman Mesir Kuno dan serta ditemukannya gambar anjing tersebut pada dinding gua yang diperkirakan berusia 4000 tahun yang lalu di negara asalnya. Afghan Hound memiliki bulu yang panjang dan halus serta bentuk tubuhnya yang tingi dan ramping, sehingga anjing ini sering disebut sebagai si “raja anjing”. (Foto : afghansonline.com)

Chow Chow, adalah salah satu jenis ras anjing tertua asal Tiongkok. Anjing pembawa karaker sopan, jinak dan loyal terhadap pemiliknya ini memliki ciri berbulu tebal dan halus, serta mulut dan lidah yang berwarna hitam. Lucunya, Chow Chow memiliki kaki belakang yang tidak bengkok yang membuatnya terkesan kaku ketika berlari. (Foto : Remigiusz Józefowicz/wikipedia)

Basenji, ras anjing pemburu asal Afrika Tengah ini dulunya dijadikan sebagai hadiah para Firaun. Sekitar tahun 1980-an sebuah sindrom fanconi yang merupakan suatu penyakit keturunan hampir menyebabkan kepunahan ras anjing ini. Basenji memiliki kemampuan mengindik mangsa secara diam-diam. Dan lucunya anjing ini tidak bisa menggonggong. (Foto : Pharaoh Hound/wikipedia)

Penulis : DG/AS