IBC, MERANTI – Pelaksana jabatan (Pj) Kepala Desa Tebun, Kecamatan Rangsang, Kepulauan Meranti, Syahroni menepis dugaan mark up pembangunan podium olahraga desa setempat yang menggunakan dana desa.

Kepada Indonesia Berita, Syahroni mengaku, pelaksanaan pekerjaan tersebut sudah sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) meski menggunakan material bekas.

“Apa yg kami kerjakan selama ini itu sudah sesuai RAB dan gambar. Di RAB tidak disebutkan harus mengguanakan bahan baru atau bekas, jadi boleh menggunakan bahan bekas,” katanya melalui pesan singkat WhatsApp, Sabtu (7/9/2019) lalu.

Selain itu, Syahroni juga mengklaim telah berkoordinasi dengan Camat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) setempat.

“Bukan minta lagi tapi mereka menegaskan ke kami kalau kegiatan itu sudah sesuai dengan RAB dan gambar… sekali lagi bukan pak Camat dan Dinas PMD minta kami mengerjakan lagi sesuai RAB dan gambar. Terima kasih,” tulis Syahroni.

Terkait hal tersebut, Camat Rangsang Tunjiarto mengatakan hal yang bertolak belakang dengan penjelasan Syahroni. Menurutnya, Pj Kades Tebun salah melakukan penafsiran terhadap RAB pekerjaan.

“Salah tu bang… RAB tidak ada barang bekas untuk pembangunan. Dia harus kerja sesuai RAB. Iya jadi tafsiran yang kurang tepat. Dan sudah kami tekankan segera bang… dan umpak nya (tangga rumah yang terbuat dari batu) sudah ditempah,” kata Tunjiarto.

Sementara itu, pihak DPMD Kabupaten Kepulauan Meranti belum dapat dikonfirmasi oleh IBC terkait hal yang sama. Hingga berita ini ditayangkan Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes) DPMD belum bisa ditemui.

Penulis: Noeradi/MAS