IBC, JAKARTA – Seperti diketahui bahwa uji kepatutan dan kelayakan (Fit and Proper Test) dilakukan hari ini di Komisi III DPRI RI, Senayan, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Namun, tahukah anda siapa saja yang akan di fit and proper test hari ini oleh Komisi III? Berikut 5 Capim KPK yang diuji kelayakan.

I Nyoman Wara adalah Auditor senior Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sejak tahun 2016. Karirnya bermula tahun 1989 sebagai auditor BUMN Bank Indonesia hingga tahun 2001. Ia juga pernah di LKPP dan di Kementerian Keuangan, bahkan pria asal Bali ini pernah mengemban amanah sebagai Kepala BPK Provinsi Banten pada tahun 2010.

Nurul Ghufron adalah perwakilan dari akademisi, saat ini ia menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum Jember (Unej). Nurul juga dikenal sebagai Ahli Hukum Pidana yang kerap menjadi saksi ahli di persidangan.

Sigit Danang Joyo masih berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang saat ini tercatat sebagai Kepala Sub Direktorat Bantuan Hukum Direktorat Jenderal Pajak, di Kementerian Keuangan. Dilansir dari CNBC Sigit mengaku telah mendapat restu dari Sri Mulyani, Menteri Keuangan.

Lili Pintauli Siregar adalah satu-satunya perempuan yang lolos seleksi sebagai Calon Pimpinan KPK. Wanita yang satu ini pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Nawawi Pomolango, pria asal Sulawesi Utara ini memiliki profesi sebagai Hakim, karirnya bermula pada tahun 1988. Ia pernah menjadi Hakim di Pengadilan Negeri, Balikpapan, Makassar, dan pernah menjadi Ketua PN Poso tahun 2010.

Karirnya terus bersinar, sejak ia kembali ditugaskan di Pengadilan Jakarta Pusat, dan selanjutnya diangkat menjadi Wakil Ketua PN Bandung. Bahkan sebelum mengikuti seleksi Nawawi menjabat sebagai Hakim Tinggi pada Pengadilan Tinggi Bali.

Penulis : FA/JRA