IBC, JAKARTA – Seperti dilansir dari IG faktasamamitos bahwa nama Aceh merupakan singakatan dari Arab, Cina, Eropa dan Hindia. Masih menurut akun IG tersebut bahwa faktanya asal muasal nama Aceh banyak ragamnya. Namun singakatan tersebut tidak memiliki sumber yang jelas.

Sementara menurut artikel Galeri Abiee, bahwa nama Aceh banyak ragamnya setiap bangsa pada masa itu yang melalukan perdagangan menyebut beragam sebutan. Seperti bangsa India yang menyebut Aca-Aca.

Nah IBCkers, Informasi tentang asal-muasal nama Aceh memang banyak ragamnya. Dalam versi lain, asal-usul nama Aceh lebih banyak diceritakan dalam mythe, cerita-cerita lama, mirip dongeng.

Di antaranya, dikisahkan zaman dahulu, sebuah kapal Gujarat (India) berlayar ke Aceh dan tiba di Sungai Tjidaih (baca: ceudaih yang bermakna cantik, kini disebut Krueng Aceh). Para anak buah kapal (ABK) itu pun kemudian naik ke darat menuju Kampung Pande.

Namun, dalam perjalanan tiba-tiba mereka kehujanan dan berteduh di bawah sebuah pohon. Mereka memuji kerindangan pohon itu dengan sebutan, Aca, Aca, Aca, yang artinya indah, indah, indah. Menurut Hoesein Djajadiningrat, pohon itu bernama bak si aceh-aceh di Kampung Pande (dahulu), Meunasah Kandang. Dari kata Aca itulah lahir nama Aceh.

Penulis : CF/DRM