IBC, JAKARTA – Sebagai negara kepulauan Indonesia tentunya banyak memiliki pantai nan indah, tak terkecuali Pantai Selatan di Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta.

Namun IBCkers, konon katanya bahwa pengunjung yang akan berenang di pantai selatan yang menggunakan baju berwarna hijau akan diambil oleh Nyi Roro Kidul. Menurut legenda yang beredar di masyarakat setempat bahwa Nyi Roro Kidul menyukai pakaian berwarna hijau.

Nah tahukah anda bahwa pantai selatan di Gunung Kidul, Yogyakarta memiliki arus tenang yang bernama RIP Current. Arus Rip Current adalah arus tenang di pantai namun kembali dengan cepat, atau arus pecah atau arus balik. Kecepatannya bisa mencapai 80 kilometer per jam. Tak heran bila wisatawan yang sedang berenang terseret arus tersebut bisa sampai ke tengah lautan hingga 100 meter dari tepi pantai.

Pantai Selatan juga diketahui memiliki Cerukan Karang di dasar laut, sehingga bagi wisatawan yang terseret oleh arus RIP Current tidak ditemukan lantaran tersangkut di cerukan karang dasar laut.

Begitu juga dengan mitos yang beredar tidak boleh menggunakan baju berwarna hijau, karena laut pantai selatan berwarna hijau, sehingga ketika wisatawan yang terseret arus RIP Current dan hilang sulit ditemukan oleh Tim SAR dikarenakan samar dengan warna lautan, oleh karena itu disarankan sebaiknya menggunakan baju berwarna cerah seperti kuning, dan jingga.

Penulis : CF/Durahman