IBC, JAMBI – Gabungan organisasi kepemudaan dan mahasiswa menggelar aksi simpatik dengan membagi-bagikan masker dan oksigen kemasyarakat di Simpang Empat BI Telanai Pura Jambi, Rabu (18/9/2019).

Ketua Umum DPD IMM Provinsi Jambi, Muhammad Awal mengatakan, bahwa terkait kesehatan masyarakat, pihaknya meminta kepada pemerintah untuk juga memikirkan tindaklanjut korban yang terkena efek asap, dengan mengeluarkan solusi membantu kesehatan masyarakat.

“Kami mau pemerintah bertindak cepat menyelesaikan persoalan pemadaman dan menangkap dan memberikan hukuman seberat-beratnya kepada pelaku pembakar hutan dan lahan,” ujarnya kepada IBC di Jambi, Rabu (18/9/2019).

Lebih lanjut ia menyampaikan, sampai saat ini Data dari Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB) tertanggal 18 September 2019 menyatakan ada sebanyak 2.719 titik api. Diantara titik terbanyak ada di Provinsi Jambi yaitu 555 titik, Sumatera Selatan 482 titik dan Riau 388 titik.

Selain itu Awal juga meminta kepada pemerintah daerah untuk melakukan investigasi terhadap tingginya titik api di Provinsi Jambi, yang muncul di area perkebunan yang dikuasai dan dikelola oleh perusahaan swasta.

Turut bersama dalam aksi simpatik tersebut, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Provinsi Jambi, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Jambi dan bekerjasama dengan Muhammadiyah Disater Management Center (MDMC) Jambi, yang juga mendirikan posko di Simpang BI.

Penulis : HR/JRA