IBC, MERANTI – Terkait rencana pemerintah pusat untuk membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Meranti mengaku tengah dalam tahap memasukkan kebutuhan pegawai. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris BKD Kepulauan Meranti, Bakharuddin pada Selasa malam (17/9/2019).

“Saat ini kita baru tahapan memasukkan kebutuhan pegawai melalui aplikasi e-formasi,” katanya melalui pesan singkat WhatsApp kepada IBC.

Bakharuddin mengungkapkan, tahun ini Kepulauan Meranti membutuhkan sekitar seribuan lebih CPNS di bidang tenaga pendidik, kesehatan dan teknis. Namun, dia tidak dapat menyebutkan jumlah keseluruhannya secara pasti.

Dia juga mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima surat perintah resmi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) terkait pembukaan pendaftaran CPNS 2019 itu.

“Kuota masing-masing daerah dari Kemenpan belum keluar, termasuk surat perintah pengajuan juga masih belum,” ujar Bakharuddin.

Lebih lanjut dia mengimbau kepada seluruh calon CPNS untuk bersabar, hingga surat perintah penerimaan pendaftaran CPNS dikeluarkan.

“Untuk penerimaan CPNS tahun 2019 dimohon kesabarannya. Kita masih menunggu pengumuman resmi dari KemenPAN RB dan BKN. Sambil menunggu persiapkan diri dengan perbanyak belajar dan latihan soal CPNS,” pungkas Bakharuddin.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, pihaknya akan membuka pendaftaran CPNS setelah presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin dilantik pada 20 Oktober 2019.

BKN akan menyerahkan dokumen resmi berisi formasi kebutuhan PNS kepada MenPAN RB, satu pekan setelah pelantikan.

“Saya akan melayangkan (dokumen itu) tanggal tanggal 27 Oktober 2019,” kata Bima Haria, Rabu (21/8/2019).

Terkait hal tersebut, pemerintah akan menyiapkan infrastruktur untuk pendaftaran CPNS sehingga proses rekrutmen dapat segera diselengarakan.

Penulis: Noeradi/MAS