IBC, JAKARTA – Beberapa saat yang lalu Majalah Tempo mengeluarkan edisi terbarunya, yang menerbitkan dengan cover depan gambar Kepala Negara berhidung panjang bak film dongeng Pinokio. Hal tersebut tidak hanya berakhir di Dewan Pers melainkan juga netizen menyerang majalah Tempo (grup) di Play Store aplikasi Tempo.co.

Atas nama akun Sehfudin yang mengatakan, “Saya kira Tempo adalah majalah yang dewasa beradab berwawasan luas dan mampu melihat kondisi. Tapi ternyata tak ubahnya hanya sekelas tabloid obor rakyat. Kecewa sekali. Seperti apapun, wartawan pencetaknya tak sedikitpun punya hormat pada kepala negara. Kecewa!!!,” tulis dia.

Senada dengan Sehfudin, akun Yati Z mengatakan, “Sebagai media Tempo tidak mendidik oleh pemberitaannya, ‘kebebasan pers bukan berarti boleh menghina kepala negara, menghina kepala negara berarti menghina negara dengan semua di dalamnya. Doa ku buat Tempo, mudah2an kantor kalian disambar petir,” sumpahnya.

Capture Play Store

Begitu juga dengan akun Andy Makmur, “Media Tempo harus netral donk kami netizen juga berhak memberikan bintang satu donk kalo hidung memanjang (itu sangat menghina dan menyakiti kami jokower) Semoga ke depan majalah tempo semakin bijak dalam bersikap…,” pungkasnya.

Akun dengan nama Nugroho Hend juga tak mau ketinggalan, “Suka dengan berita2 terdepan dan ulasan yang berani juga tajam. Sangat tidak suka kebablasan kode etik kebebaaan pers lewat pelecehan gambar simbol negara. Isinya bagus tapi dikotori gambar yang sebenarnya tidak nyambung beritanya. Jurnalistik harusnya mendidik bukan?” tulis Nugroho.

Berdeda dengan akun-akun sebelumnya, Aina Tussholicha, menyindir majalah Tempo, yang mengatakan percuma selama ini membangun nama baik, tapi jatuh karena melanggar kode etik jurnalistik.

Capture Play Store

“Hanya pohon yang tinggi, yang diterpa badai… Semangat Tempo untuk memulihkan nama baik , yang sudah lama kalian bangun, sudah jatuh ke dalam jurang yang paling dalam hanya karena kesalahan Jurnalistik yang tak profesional, sekali lagi semangat,” tutup Aina.

Berdasarkan rating di Play Store berbasiskan Android, Rating Tempo.co (grup) per tanggal 19 September 2019 jatuh pada angka 1,1 dibandingkan sebelumnya masih dengan posisi atas Rating 4,5.

Penulis : FA/JRA