IBC, JAKARTA – Polemik dan cibiran dari berbagai pihak yang mengatakan, bahwa mobil Esemka bukanlah karya anak bangsa mendapatkan bantahan dari Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya beberapa waktu yang lalu.

Eddy Wirajaya menegaskan, sebagian besar komponen mobil Esemka dipasok oleh pemasok lokal, seperti PT. Cikarang Perkasa Manufacturing yang memasok Blok Mesin dan Blok Tranmisi. Sedangkan PT. Unsra Tampi memasok komponen Dashboard dan Roda Kemudi (stir).

Begitu juga dengan PT. Tokyo Radiator Selamat Sempurna, yang memasok Radiator mobil Esemka, PT. Armada Indah Agung Glass sebagai pemasok Kaca Mobil dan PT. Pasindo sebagai pemasok rem mobil Esemka.

Terakhir ada dua perusahaan PT. Indospring Tbk sebagai pemasok Shockbreaker dan PT. Inka memasok komponen Tangki Bahan Bakar dan Sasis untuk Esemka.

Spesifikasi Esemka Bima 1.2: Mesin 1.2 liter E-Power 14 Dohc, Horse Power 96,5Nm, Torsi Maksimum 119 Nm. Sedangkan Dimensi, Mobil, Panjang 4.560 mm, Lebar 1.645 mm, Tinggi 1.890 mm, dan Boks, Panjang 2.750, Lebar 1.600 mm dan Tinggi 460 mm.

Penulis : FA/Durahman