IBC, BELAWAN – Ratusan buruh Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) pelabuhan kapal roro menggelar aksi damai di dermaga bandar deli sektor 1 dan depan Kantor Koperasi TKBM, Jalan Minyak Kelurahan Belawan I Kecamatan Medan Belawan, Sumatera Utara, Senin (30/9/2019).

Para buruh menuntut agar Koperasi TKBM menjalin komitmen kerja sama dengan pihak Otoritas Pelabuhan (OP) dan perusahaan bongkar serta Pelindo 1 Belawan, sehingga mereka dapat bekerja sebagai buruh resmi pelabuhan.

“Kami muak jadi penonton di rumah sendiri. Kami mengharapkan perusahaan dan ketua koperasi agar mempekerjakan kami kembali di perusahaan pelabuhan ini. Karena selama ini pekerjaan dilakukan oleh tenaga kerja lain,” kata Kordinator Togu Urban Silaen.

Dari pantauan pewarta IBC, nampak sejumlah buruh memegang petaka aksi bertuliskan tuntutan mereka.

“Jangan hilangkan apa yang menjadi hak-hak TKBM” tulis buruh dalam petaka aksi yang dibawanya.

Ratusan buruh pelabuhan ini kemudian ditemui oleh pengurus Primkop TKBM Upaya Karya dan Otoritas Pelabuhan. Melalui dialog yang cukup alot, pihak koperasi dan Otoritas Pelabuhan meminta tempo selama satu bulan untuk merealisasikan tuntutan para buruh.

“Temponya satu bulan. Apabila tidak ditepati, buruh TKBM sektor 1 akan melakukan aksi lebih besar lagi,” tutup Togu Urban Silaen.

Penulis: Rj/MAS