IBC, MERANTI – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menkomaritim), Luhut Binsar Panjaitan menunjuk langsung Gubernur Riau, H. Syamsuar menjadi leading pelaksanaan program penanggulangan abrasi di wilayah Provinsi Riau.

Luhut mengungkapkan, masalah abrasi di Provinsi Riau khususnya di Kepulauan Meranti sudah sangat mengkhawatirkan. Untuk mengatasinya bukan perkara mudah disamping diperlukan teknologi dan para ahli juga membutuhkan dana yang besar. Jika mengharapkan penanggulangan Abrasi dari dana daerah jelas tidak mencukupi, dan salah satu solusi yang dijalankan adalah dengan meraih dana pusat yang ada di setiap kementerian terkait.

“Kemenko Maritim telah menyiapkan dana sebesar Rp 160 miliar dalam upaya penanggulangan abrasi, dan untuk anggaran ini kita fokuskan untuk Riau,” kata Luhut Binsar Panjaitan di Aula Kemenko Maritim RI, Jakarta, Jumat (4/9/2019).

Menurutnya, penunjukan ini untuk mempercepat penanggulangan abrasi di Riau karena gubernur dianggap pihak yang paling tahu yang dapat melihat secara detil terkait kebutuhan yang mendesak untuk diusulkan. 

Terkait penunjukan tersebut, Gubernur Riau H. Syamsuar selain siap menjadi koordinator, dia juga menjanjikan akan memberikan porsi lebih kepada Kepulauan Meranti untuk penanggulangan abrasi. Hal ini sesuai dengan kondisi di lapangan. Dia mengatakan wilayah yang paling parah berada di Pulau Rangsang dengan abrasi yang sudah mencapai puluhan kilometer.

“Kami akan memberikan porsi anggaran lebih untuk penanggulangan abrasi di Kepulauan Meranti, karena Abrasi wilayah ini sangat menghawatirkan,” ucap Syamsuar.

Menyikapi hal itu, Bupati Kepulauan Meranti H. Irwan Nasir mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada pihak Kemenko Bidang Kemaritiman RI, atas kepeduliannya terhadap masalah abrasi di wilayah Riau khususnya Kepulauan Meranti. Bupati berharap melalui pelaksanaan program upaya Pemkab Meranti dalam mengatasi abrasi dapat terwujud.

“Kita atas nama Pemkab Meranti mengucapkan terima kasih kepada Kemenko Maritim dan Kementerian terkait yang telah mendukung Pemkab Meranti dalam mengatasi masalah abrasi. Terima kasih juga kepada Gubernur Riau H. Syamsuar, semoga dengan peneraan program ini yang didukung oleh pemerintah pusat dan provinsi dapat mengatasi abrasi di wilayah kita,” imbuh Irwan.

Salah satu program yang akan dijalankan dalam penganangan tersebut adalah dengan melakukan penanaman mangrove disepanjang pesisir pantai. Dalam pelaksanaannya akan melibatkan peneliti, masyarakat peduli lingkungan dan TNI AL.

Penulis: Noeradi/MAS