IBC, JAKARTA – Baru saja selesai pemilihan Ketua DPR dan Ketua MPR RI untuk periode 2019-2024 beberapa saat yang lalu. Namun itu tidaklah lengkap jika lembaga eksekutif belum diketahui siapa saja yang menduduki kursi kabinet yang membantu Presiden Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin.

Seknas-Jokowi Provinsi Sumatera Selatan, melalui Ketuanya Guruh Hermawan, mengajukan kandidat menteri kepada Presiden Joko Widodo. Guruh menilai bahwa Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof Dr Ir H Anis Saggaff mumpuni sebagai Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti).

“Selain beliau sebagai rektor, beliau juga dulunya aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI),” ujar Guruh melalui keterangan tertulisnya yang diterima IBC, Jumat (4/10/2019).

Foto : Kumparan

Ia juga menyampaikan, bahwa putra terbaik Sumatera Selatan cukup banyak, namun kata Guruh saat ini cuma satu yang memenuhi kriteria sebagai Menristekdikti. “Ya selain gelar akademik yang sederet, pak Anis juga paham apa yang menjadi persoalan di bawah, khususnya mahasiswa,” sambung dia.

“Saya kira itu yang paling penting, menristekdikti ke depannya, perlu memahami apa yang menjadi persoalan mahasiswa, jadi nggak hanya persoalan kampus secara umum, tapi juga paham persoalan mahasiswa,” tegas Guruh.

Begitu juga dengan terpilihnya kembali Anis Saggaff sebagai Rektor Unsri, ini artinya menurut Guruh, Anis sangat dibutuhkan pemikiran-pemikirannya khususnya dalam kehidupan kampus.

Guruh juga menambahkan, bahwa pihaknya mengembalikan semua keputusan kepada presiden Jokowi sebagai pemilik hak prerogatif. “Kami hanya mengusulkan untuk menjadi pertimbangan presiden, semua kita kembalikan kepada pak Jokowi,” pungkas Guruh.

Penulis : FA/JRA