Foto : Ilustrasi

IBC, PANDEGLANG – Hadirnya komunitas relawan peduli kesehatan Charity Care di Pandeglang bertujuan membantu masyarakat miskin yang tidak mampu berobat, bahkan ironsinya masyarakat justru takut untuk datang ke Rumah Sakit karena tidak memiliki kemampuan financial.

Kehadiran komunitas tersebut memiliki cita-cita mulia, demi kebaikan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Pandeglang agar tidak ada yang saling menyalangkan terkait kesehatan.

Oleh karena itu Ketua Komunitas Charity Care, Diky Nurmansyah berpendapat, bahwa Pemerintah Kabupaten Pandeglang sebaiknya jangan menganggap kehadiran komunitasnya sebagai monster yang harus ditakuti.

“Kehadiran kami semata-mata membantu masyarakat dan pemerintah, agar tidak saling menyalahkan. Jadi saya kira kami bukanlah pihak yang harus ditakuti pemerintah kabupaten,” ujarnya di Pandeglang, Senin (7/10/2019).

Diky juga mengaku sering menerima keluhan masyarakat yang tidak mampu, bahkan kata dia, masyarakat juga enggan berobat ke rumah sakit lantaran kondisi financial tidak memungkinkan. Lanjutnya, walapun kadang rujukan sudah diberikan.

Ia menegaskan, bahwa terkait biaya hidup dan transportasi menuju rumah sakit masyarakat memiliki keterbatasan, maka dari itu di situ peran relawan kesehatan menjadi jembatan antara masyrakat dan pemerintah.

“Harapan kami dengan elemen lainnya, perlunya ada sinergi untuk mengabdi kepada masyarakat,” sambung Dicky, meminta kepada pemimpin daerah agar lebih tegas dengan pejabat di bawahnya untuk lebih peka kepada masyarakat yang tidak mampu.

“Ya biar nggak kecolongan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” tambahnya, bahwa sektor kesehatan di Provinsi Banten masih jauh tertinggal dari daerah lain, apalagi Kabupaten Pandeglang.

“Saya perwakilan salah satu relawan yg ada di provinsi Banten menghimbau kepada semua pemimpin daerah bisa merangkul para relawan dan memberikan ruang untuk kami supaya lebih longgar disaat mendampingi pasien karena kami bukan oposisi. Tapi kami membantu pemerintah supaya tidak ada celah yang buruk nanti dalam pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Menutup keterangannya, Diki menyampaikan, bahwa kehadiran pihaknya berkeinginan dapat bergandengan tangan dengan instansi terkait, untuk memenuhi kebutuhan rakyat yang sedang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Penulis : CF/MJ