IBC, JAKARTA – Terkait gagalnya Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mewujudkan janji kampanyenya yakni program penataan kampung dan pemukiman penduduk menjadi sorotan serius dari Anggota Fraksi Partai Nasdem DPRD DKI Jakarta, Nova Harivan Paloh.

“Ya menurut saya gagal total, kalau seumpamanya dia melakukan itu sejak jadi gubernur, mungkin pemandangan itu tidak terjadi sekarang. Itu sendiri sudah membuktikan beliau gagal,” kata Nova.

Ia juga menyampaikan, bahwa banyak warga yang mengalami tidak dapat mengakses sanitasi yang memadai, dan bukan hanya warga Grogol, melainkan juga hampir seluruh wilayah Jakarta lainnya.

Ilustrasi. Foto : Beritasatu.com

“Warga yang memaksakan tinggal di pemukiman padat dengan sanitasi tidak memadai, terlebih digunakan bersama-sama merupakan bukti nyata masih sangat banyak warga miskin yang belum disentuh Pemprov DKI,” tegas Nova seperti dilansir Media Indonesia.com beberapa waktu lalu.

Jika pun warga memiliki sertifikat atau bukti kepemilikan tanah, Nova mendorong agar segera dilakukan penataan kampung agar warga memiliki sanitasi yang memadai. Caranya bisa dibangun instalasi pengolahan air limbah (ipal) komunal.

Penulis : FA/Durahman