IBC, JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto terus melakukan manuver semenjak tersingkir dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu. Sejumlah langkah terus ditempuh oleh mantan menantu Soeharto ini, mulai dari pengajuan gugatan sengketa hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK) hingga safari politik.

Selain telah bertemu Presiden Jokowi sebanyak dua kali, Prabowo Subianto akhir-akhir ini ramai mengisi pemberitaan. Hal ini terkait agendanya bertemu dengan sejumlah Ketua Umum Parpol pengusung Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019.

Infografis manuver Prabowo Subianto, Pasca Pilpres 2019 hingga menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia

Tidak heran, jika belakangan muncul berbagai spekulasi terkait manuver Prabowo. Sejumlah pihak berpandangan, bahwa sebagai politisi Prabowo sedang melakukan rekonsiliasi pasca pilpres. Namun di lain sisi, Prabowo didikte ingin bergabung dengan kubu Jokowi-Amin.

Langka yang ditempuh oleh Prabowo tersebut juga sedikit banyaknya menuai pro dan kontra. Ada yang memberikan apresiasi, namun ada pula yang menyindir mantan Calon Presiden tersebut.

Bahkan, pengamat politik Rocky Gerung menyebut Prabowo sebagai tokoh “sampah” lantaran safari politiknya. Rocky yang sebelumnya mendukung Prabowo-Sandi dalam Pilpres 2019, juga mendeklarasikan gerakan oposisi terhadap Ketum Gerindra tersebut.

Penulis: Tim Redaksi/DR