IBC, BANTEN – Dalam upaya menjaga kelancaran dan ketertiban menjelang pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Kepolisian Daerah (Polda) Banten bersama instansi lintas sektoral akan mengamankan tempat-tempat strategis.

Tempat-tempat strategis itu yakni Stasiun Kereta Api, Gerbang Tol dan terminal yang menjadi akses utama menuju Jakarta.

Polda Banten sendiri untuk pengamanan dan menjaga kondusifitas menurunkan pasukan sebanyak 1500 pasukan lengkap dengan perlengkapan dan setiap tempat strategis dijaga satu pleton.

“Kalau totalnya ada 1.500 pasukan berikut dengan peralatan yang sudah kita cek tadi. Pasukan ini gabungan dari TNI AD, TNI AL Satpol PP, BPBD kemudian ada Senkom dan Dishub,” kata Kapolda Banten Irjen Pol Tomsi Tohir di Mapolda Banten, Jum’at (18/10/19).

Jadi dikatakan Kapolda pengamanan dengan Instansi lengkap lintas sektoral diharapkan sampai dengan seluruh kegiatan rangkaian pelantikan Presiden bisa berjalan dengan aman.

Foto : RHM/IBC

“Yang kita antisipasi adalah ancaman-ancaman yang dapat mengganggu atau berpotensi untuk mengganggu seluruh kegiatan rangkaian di Jakarta. Kita juga tetap melaksanakan pengamanan rutin untuk wilayah Banten,” ujarnya.

Ditempat terpisah Kapolres Serang, AKBP Indra Gunawan menekankan kepada seluruh personil harus mengangisipasi potensi gangguan dan ancaman yang dapat mengganggu jalannya pelantikan.

“Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam setiap kegiatan terutama¬†pada saat melaksanakan pengamanan dilapangan. Dalam hal pengamanan kegiatan jangan underestimate namun harus overestimate,” tegas Kapolres.

Dalam menjalankan tugas pengamanan ini, Kapolres mengingatkan kepada seluruh personil untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

“Personil pengamanan, harus betul-betul memahami dan menguasai rincian tugas, aturan dalam mengahadapi segala perkembangan situasi di lapangan dan berpedoman pada SOP yang berlaku,” tutupnya.

Penulis : RHM/DS