IBC, JAKARTA – Terkait kunjungan Presiden Jokowi ke Papua Barat pasca pelantikan untuk dua periode, Ketua Umum Gerakan Rakyat Cinta Indonesia (Gercin) Hendrik Yance Udam, meminta semua kelompok masyarakat yang ada di Papua dan di Papua Barat bersama-sama menjaga situasi keamanan.

Pasalnya menurut Hendrik kita telah belajar dari pengalaman pahit dari mantan Menkopolhukam Jenderal TNI (Purn) Wiranto saat kunjungan kerjanya di Banten beberapa waktu yang lalu.

“Saya meminta juga kepada aparat keamanan yang ada di Papua dan Papua Barat, untuk lebih ekstra ketat menjaga keamanan presiden dan rombongan, dalam kunjungan kerjanya pasca kerusuhan yang menyangkut rasisme,” kata Hendrik menghimbau.

Presiden Tiba di Papua Barat. Foto : Ist

Baca Juga :

Selain itu kata Hendrik, baru-baru ini juga telah ada penyerangan terhadap kedua orang pegawai balai besar pelaksana jalan nasional. Bahkan tiga orang tukang ojek menjadi korban pembunuhan.

“Oleh karena itu kita tidak boleh sepele memandang remeh keamanan presiden dan rombongan, karena keselamatan presiden di atas segala-galanya, karena simbol negara yang harus dilindungi,” tegas dia melalui keterangan tertulisnya yang diterima redaksi, di Jakarta, Minggu (27/10/2019).

Penulis : FC/SD