IBC, JAKARTA – Kemenangan dramatis diraih Liverpool atas Aston Villa dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-11 yang berlangsung di Stadion Villa Park, Sabtu (2/11/2019).

Liverpool yang sempat tertinggal terlebih dahulu oleh tuan rumah melaluo gol yang dicetak oleh Mahmoud Trezeguet di babak pertama dapat membalikkan keadaan beberapa menit sebelum bubaran berkat gol Andrew Robertson dan Sadio Mane .

Aston Villa yang bermain di kandang sendiri mencoba tampil menyerang, ditandai walau baru satu menit El Ghazi mencoba untuk melepaskan tembakan ke gawang Alisson, namun bola tepat jatuh ke pelukan Alisson.

Tim asuhan Jurgen Klopp mulai bangkit dan meningkatkan tempo serangan mereka.

The Reds mendatpatkan peluang di menit 16 melalui sundulan Mane yang memanfaatkan umpan silang Handerson, namun sayang bola masih melebar dari gawang Heaton.

Dua menit berselang, Heaton berhasil membuat penyelamatan untuk menggagalkan tembakan Mohamed Salah dari sudut sempit.

Malapetaka datang untuk Liverpool yang asik menyerang, gawang Liverpool malah bobol di menit 21.

Gawang Alisson dibobol Trezeguet dengan memanfaatkan umpan tendangan bebas Jonathan McGinn, yang berhasil lolos dari kawalan bek Liverpool. Sebelum disahkan wasit gol tersebut harus melalui VAR karena Trezeguet terindikasi offside, namun akhirnya mengesahkan gol itu dan skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Aston Villa.

Gol tersebut membuat Stadion Villa Park bergemuru dengan sorak sorai dan nyanyian para pendukung.

Firmino sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-28 yang memanfaatkan umpan Mane, namun gol tersebut dianulir setelah melihat VAR karena penyerang Brasil telah offside.

Usaha Liverpool untuk menyamakan kedudukan di babak pertama terbentur oleh disiplinnya pertahanan Aston Villa, sehinnga babak pertama berkesudahan 1-0 untuk tuan rumah.

Awal babak kedua, Liverpool langsung tampil agresif, baru dua menit berjalan, Roberto Firmino menembak bola setelah menerima umpan silang dari Sadio Mane, namun bola masih melambung di atas gawang Heaton.

Pada menit 59 Liverpool berusaha menyamakan kedudukan berkat tandukan Mane menyambut umpan silang Alexander-Arnold, namun bola hanya melebar dari gawang Heaton.

Kerja keras tanpa kenal lelah yangbdilakukan Liverpool akhirnya berbuah manis tiga menit sebelum waktu normal berakhir.

Andrew Robertson yang menjadi pahlawan Liverpool setelah umpan silang Sadio Mane disambar tandukan yang tidak mampu diselamatkan oleh Heaton membuatbskor ombang 1-1.

Mane membuat Liverpool membalikkan keadaan di masa injury time melalui sundulannya yang mengkonversi umpan sepak pojok Alexander-Arnold, sehingga kedudukan berubah menjadi 2-1 untuk tim tamu. Hingga wasit meniup peluit panjang skor 2-1 bertahan.

Dengan hasil ini membuat Liverpool tetap kokoh di puncak klasemen sementara dengan 31 poin.

Susunan pemain:

Aston Villa: Heaton, Guilbert, Engels, Mings, Targett, McGinn, Nakamba, Douglas Luiz, El Ghazi, Trezeguet, Wesley.

Cadangan: Steer, Taylor, Lansbury, Hourihane, Konsa, Kodjia, Elmohamady.

Liverpool: Alisson, Alexander-Arnold, Lovren, van Dijk, Robertson, Henderson, Wijnaldum, Lallana, Salah, Firmino, Mane.

Cadangan: Adrian, Gomez, Milner, Fabinho, Keita, Oxlade-Chamberlain, Origi.

Penulis : FA/YES