IBC, JAKARTA – Mantan Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir divonis bebas oleh Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta di jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, bahwa Sofyan tidak terbukti secara sah tidak bersalah.

Hal itu disampaikan Hakim Ketua Hariono saat membacakan amar putusannya dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (4/11/2019).

“Mengadili menyatakan terdakwa Sofyan basir tidak berbukti bersalah secara sah dan meyakinkan sebagaimana dakwaan pertama dan kedua,” kata hakim.

Hakim juga menyebutkan bahwa Sofyan tidak terlibat dalam kasus dugaan suap berkaitan dengan proses kesepakatan proyek Independent Power Producer Pembangkit Listrik Tenaga uap Mulut Tambang (IPP PLTU MT) Riau-1.

Ia tidak terbukti melanggar Pasal 12 huruf a juncto Pasal 15 Undang-undang Pemberantasan Korupsi juncto Pasal 56 ke-2 KUHP dan Pasal 11 juncto Pasal 15 UU Pemberantasan Tipikor juncto Pasal 56 ke-2 KUHP.

Diketahui sebelumnya Sofyan Basir yang didakwa memfasilitasi pemberian suap dari pengusaha Johanes Budisutrisno Kontjo kepada anggota DPR Eni Maulani Saragih dan mantan Mensos Idrus Marham.

Penulis : ZK/DB