IBC, SINGAPURA – Setelah sukses membawa pulang dua medali dari kejuaraan Osaka SUP Open September lalu, kini tim SUP Indonesia yang didukung oleh BPJS Ketenagakerjaan atau yang saat ini juga dikenal dengan BPJAMSOSTEK berhasil menorehkan prestasi baru dengan memenangkan satu medali di ajang Singapore Open Cup (SOC) 2019.

Kejuaraan yang digelar pada tanggal 2-3 November di Siloso Beach, Sentosa Island, Singapore tersebut merupakan event terbesar yang rutin di gelar setiap tahun dengan beberapa kategori perlombaan seperti kano, kayak, dan stand up paddle.

Perlombaan yang di selenggarakan oleh Singapore Paddle Club (SPC) tersebut melibatkan sejumlah atlet kelas dunia dari masing-masing kategori perlombaan.

Lucas berhasil meraih medali perak pada ajang SOC 2019 di jelas Men Short 8 km. Foto : Ist

Pada event kali ini, BPJAMSOSTEK bersama dengan SUP Indonesia mengirimkan 4 atlet di Singapore Ocean Cup (SOC) 2019 mengikutsertakan sejumlah atletnya di seluruh kelas perlombaan untuk kategori Stand Up Paddle. Kelas Women Short Course 8 km, Women Long Course 15,5 km, Men Short Course 8 km, dan Men Long Course 15,5 km.

“BPJAMSOSTEK senantiasa mendukung pembinaan dan pengembangan prestasi kepada atlet yang berlaga baik di tingkat nasional maupun internasional. Para atlet merupakan duta bangsa yang mengharumkan nama bangsa di setiap prestasi yang ditorehkan,” ujar Deputi Direktur Humas dan Antar Lembaga, Irvansyah Utoh Banja melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Lanjutnya, di ajang SOC ini, pihaknya bersama dengan SUP Id ingin memperkenalkan kepada dunia bahwa selain keindahan alam baharinya yang luar biasa Indonesia juga memiliki atlet SUP yang dapat bersaing di tingkat dunia.

Komposisi atlet yang di turunkan pada ajang kali ini adalah Tedy Belitung di kelas Men Short Course 8 km, Lucas Gallu Beko di 2 kelas yaitu Men Short Course dan Men Long Course, Tiffany Vinsky Veronica di kelas Women Short Course 8 km, serta Yuliani Keyla di kelas Women Long Course 15,5 km.

Tim BPJAMSOSTEK SUP Id terjun di ajang Singapore Ocean Cup 2019. Foto : Ist

Sementara itu dalam keterangan yang sama, Ryco, Official Tim SUP Id yang ikut serta dalam rombongan mengatakan, bahwa tantangan terbesar bagi atlet kami di ajang ini selain baru pertama kali mengikuti kompetisi SOC, adalah lintasan yang digunakan merupakan rute perlintasan kapal penyeberangan Batam-HarbourFront mengakibatkan terjadi gelombang merupakan kondisi yang harus dapat ditaklukan oleh para atlet.

“Merupakan tantangan tersendiri bagi atlet SUP Id untuk menaklukan rute yang ditetapkan oleh penyelenggara mengingat Tim kami belum terbiasa dengan kondisi laut Singapura yang hampir setiap lima menit dilalui oleh kapal ferry penumpang dari dan menuju ke Batam,” ucap Ryco.

Hasil kompetisi yang berlangsung selama dua hari tersebut, untuk kategori Women Short Course 8 km keluar sebagai juara pertama Sue Lyn Yong (Singapura), juara kedua diraih oleh Chatarina Tjahja (Indonesia), dan Eva Joseva sebagai juara ketiga. Sedangkan Tiffany harus puas finis di posisi ke-5.