In Harmonia Progressio

IBC, JAKARTA – Prof. Reini D Wirahadikusumah akhirnya terpilih sebagai Rektor ITB untuk periode 2020-2025 dalam sidang pleno Majelis Wali Amanat (MAW) ITB, Jumat (8/11/2019). Reini terpilih setelah berhasil menyisihkan 2 calon lain yang lolos ke tahap akhir yaitu Jaka Sembiring dan Kadarsyah Suryadi.

Koordinator Nasional Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT) Ammarsjah memberikan ucapan selamat atas terpilihnya Reini Wirahadikusumah yang juga guru besar dari Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB. Ammarsjah berharap dengan terpilihnya Reini membawa perubahan ITB ke depan, tidak hanya dari sisi nilai akademis tapi juga menyangkut kebangsaan.

“Selamat atas terpilihnya Profesor Reini Wirahadikusumah sebagai Rektor ITB yang baru. Kami berharap kepemimpinan beliau dapat memberi perubahan yang berarti bagi ITB dalam lima tahun ke depan,” ucap Ammarsjah dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (9/11/2019).

Sambungnya, “Kita semua tahu bahwa SDM adalah sangat penting bagi suatu negara, dan secara historis ITB sebagai suatu lembaga juga memiliki peranan penting. Sekarang tentu tertantang dengan kondisi kekinian yang terus mengalami perubahan baik ekonomi, teknologi, kecepatan informasi, maupun ide dan gagasan,” terangnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, semuanya ini mengharuskan ITB untuk juga merespons tantangan tersebut. Jadi pihaknya berharap rektor ITB yang baru bisa membawa almamater untuk menjawab tantangan-tantangan zaman sekarang dan ke depan.

Foto : Ist

Ammarsjah menambahkan hadirnya Reini diharapkan ITB mampu menghasilan SDM yang berkualitas dan mempunyai peranan tak hanya untuk almamaternya namun juga untuk bangsa dan negara.

“Reini punya PR besar, ITB harus mampu menghasilkan lulusan yang berkarakter dan berpendirian teguh, terbuka terhadap pemikiran baru dan mampu mengantisipasi pengaruh global tanpa kehilangan jati diri bangsa. Satu hal yang tidak boleh diabaikan adalah Integritas personal,” imbuhnya.

ITB juga harus menjadi garda terdepan dalam soal keberagaman, kata Amar, Konsensus kebangsaan yang di bangun para pendiri bangsa sudah sangat tegas tentang pluralisme. ITB harus menjadi pelopor dalam upaya penguatan nilai nilai keberagaman.

Ammarsjah berharap menyambut usia ITB yang ke-100 tahun pada 2020 mendatang, Reini Wirahadikusumah mampu mengemban visi & misi ITB,
unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia.

“ITB harus terus meningkatkan peran sosialnya dimasyarakat dan terlibat aktif dalam proses pembangunan anak bangsa yang berkarakter dan mendukung nilai-nilai keberagaman, berkontribusi positif dan menjadi garda terdepan dalam memajukan bangsa, negara dan nilai nilai universal,” pungkasnya.

Penulis : RK | Editor : SD