IBC, JAKARTA – Perwakilan masyarakat adat Papua sambangi Komnas HAM untuk menyampaikan keluhannya tentang perlakuan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan kehutanan, yang diduga telah merusak wilayah adat, di Ruang Asmara Nababan, Kantor Komnas HAM, Menteng Jakarta Pusat, Kamis (7/11/2019).

Kehadiran masyarakat adat tersebut meminta Komnas HAM memberi perhatian pada persoalan yang timbul dari proses masuknya investasi ke wilayah adat agar tidak menimbulkan permasalahan hak asasi manusia.

Dengan adanya permintaan perwakilan masyarakat adat dari beberapa wilayah Papua itu, Komnas HAM menyampaikan akan segera berkomunikasi kepada beberapa pihak dan instansi terkait upaya langkah-langkah perbaikan serta pencegahan bisa diambil segera.

Masyarakat Adat Melaporkan Perusahaan Perkebunan ke Komnas HAM di Menteng Jakarta Pusat, Kamis (7/11/2019). Foto : Ist

Baca Juga :

Selain itu, Komisioner Komnas HAM Amiruddin menyampaikan akan meneruskan keluhan masyarakat adat Papua kepada Presiden Joko Widodo.

“Komnas HAM sendiri memiliki perhatian khusus terhadap persoalan Papua. Komnas HAM akan terus mengupayakan penyelesaian persoalan Papua,” ujarnya.

Penulis : FC | Editor : DB