IBC, JAKARTA – Tim nasional U-19 Indonesia memastikan diri lolos ke Piala Asia U-19 2020 setelah bermain imbang 1-1 dengan Korea Utara di laga terakhir Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (10/11/2019).

Indonesia sempat tertinggal terlebih dahulu dari lawannya dari sumbangan gol sang kapten Kim Kwang Chong menit 41 namun dapat disamakan melalui gol dari titik penalti oleh Bagus Kaffi.

Pada awal babak pertama anak asuh Fachri Husaini mampu menguasai jalannya pertandingan dan menekan pertahanan Korea Utara.

Penyerang Garuda Muda, Serdy Ephy Bok memperoleh peluamg di menit kelima namun tendangannya dapat ditangkap kiper Korut Sin Kwang Guk.

Selang enam menit gelandang Beckham Putra mendapatkan peluang, kembali peluang tersebut digagalkan Sin Kwang Guk.

Kali ini giliran Muhammad Fajar Fathur Rahman di menit ke-17 yang membuat penjaga gawang Korut harus berjibaku menghalau bola dari gawangnya.

Keasikan menyerang timnas Indonesia kecolongan gol pada menit ke-41 melalui tendangan keras dari luar kotak penalti yang dilakukan Kapten sekaligus penyerang Korut Kim Kwang Chong dan tidak dapat dijangkau Ernando Ari.

Usaha keras Indonesia menyamakan kedudukan selalu terbentur oleh pertahanan Korea Utara yang kokoh dan skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Awal babak kedua Fachri Husaini melakukan perubahan untuk menambah daya serang dengan menarik keluar Serdy dan memasukan Supardi.

Keputusan itu langsung menampakkan hasil. Serangan Indonesia dari sisi sayap semakin menyulitkan para pemain Korut.

Akhirnya di menit 61 Garuda Muda mendapatkan peluang menyamakan kedudukan setelah penyerang Bagus dijatuhkanbek Korut di dalam kotak penalti.

Bagus sendiri yang mengeksekusi penalti, tendangannya dari titik putih tersebut dapat mengecoh Sin Kwang Guk dan bola meluncur ke dalam jala gawang. Kedudukan berubah menjadi 1-1.

Pasca skor imbang kedua tim saling serang untuk menambah jumlah gol namun tidak ada tambahan gol hingga berakhirnya babak kedua dan kedua tim harus puas dengan kedudukan 1-1.

Hasil imbang ini membuat Indonesia memimpin klasemen akhir grup K dengan poin 7 (tujuh) dan secara otomatis lolos ke Piala Asia U20 Tahun 2020 di Uzbekistan. Sementara Korut harus puas di posisi kedua dengan lima poin.

Piala Asia U-19 2020 menjadi keikusertaan ke-18 Indonesia di kejuaraan yang sudah digelar sejak tahun 1959 tersebut.

Indonesia sendiri pernah menjuarai turnamen itu pada tahun 1961. Terakhir kali Indonesia tampil di Piala Asia U-19 yakni di Piala Asia U-19 2018, di mana saat itu timnas U-19 asuhan Indra Sjafri melaju hingga perempat final sebelum dikalahkan Jepang.

Berikut susunan pemain kedua tim.Timnas U-19 Indonesia: Ernando Ari-pg, Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Muhammad Salman Alfarid, Beckham Putra (85’ Komang Trisnanda), Theo Numberi (57’, Brylian Aldama), David Maulana (kapten), Bagus Kaffi, Serdy Ephy Fano (46’, Mochammad Supriadi).

Timnas U-19 Korea Utara: Sin Kwang Guk-pg, Choe Kwang Hwi, Ri Kum Hyon (84’, Sin Kwang Nam), Ri Jo Guk, Kim Chol Guk, Kim Kwang Chong (kapten), Chae Yu Song, Pak Kwang Sok (81’, Hong Kwang), Kim Ju Song, Kim Kang Song, Ra Nam Hyon.

Penulis : FA| Editor : YES