IBC, JAKARTA – Museum Kebangkitan Nasional bekerjasama dengan Komite Relawan Penggerak Pancasila (KRPP) selenggarakan diskusi “Ngopi di Museum” (Ngobrol Pintar di Museum), di Jakarta Pusat, beberapa waktu yang lalu.

Diskusi yang mengangkat tema “Millenial Bicara Pancasila” tersebut bertujuan untuk menggairahkan kembali semangat cinta literasi yang juga menjadi program Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan.

Dalam diskusi itu tidak hanya membahas persoalan Pancasila, namun juga sedikit mengulas tentang pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia yang bertepatan dengan peringatan hari pahlawan.

Ngopi di Museum yang di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza ini sangat menarik dan memunculkan suasana yang sangat interaktif, karena para peserta tidak hanya bertanya tetapi juga memberikan pendapat yang bagus.

Ngopi di Museum tidak hanya dihadiri oleh kampus-kampus yang ada di Jakarta, pun dihadiri pemuda dan organisasi masyarakat turut memeriahkan acara Ngopi di Museum.

Diskusi tersebut menghadirkan beberapa Narasumber, seperti, Influencer Milenial Deasonna Alamanda yang merupakan Alumni GMNI, Presedium Komite Relawan Penggerak Pancasila (KRPP) Robby Maulana dan Koordinator Srikandi Indonesia Vivin Sri Wahyuni yang merupakan Mantan Ketua Umum LMND.

Peserta Generasi Milenial sesaat usai diskusi, di Museum Nasional Jakarta, Minggu (10/11/2019). Foto : Ist.

Mengawali diskusi Generasi Milenial itu, Deasonna mengatakan, bahwa Pancasila dan semangat ke-Bhinneka-an saat ini menjadi titik temu bagi kita untuk memaknai ‘love of the difference’.

“Multikulturalisme dan perbedaan-perbedaan lain yang selama ini dihighlight sebagai pangkal permasalahan semestinya menjadi kritik dan refleksi bagi kita bersama untuk kembali membicarakan dan membahas nilai maupun semangat gotong royong serta prinsip ke-Bhinneka-an. Dan Pancasila menjadi properti kolektif yang dapat merawat itu,” ujarnya.