IBC, JAKARTA – Pemanggilan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian PUPR diprediksi bakal berpengaruh negatif dan bisa menggoyahkan kekuatan PKB.

“Dipanggilnya ketua umum akan bisa menggoyahkan kepemimpinan Cak Imin, ini bak bom waktu bagi partai PKB sendiri,” kata Pengamat Politik Jerry Massie kepada wartawan, Kamis (21/11/2019).

Menurut Jerry kredibiltas Cak Imin (panggilan akrab Muhaimin Iskandar- red) diprediksi bakal surut dengan peristiwa ini dan juga bisa warning bagi PKB di pemilu 2024 mendatang.

“Contoh PPP dengan ditangkapnya Ketua Umum Rommy Romarhumuzy membuat partai ini meradang jumlah suara mereka pun di DPR menyusut yakni hanya 19 kursi atau 4,52 persen. Sebelumnya Perolehan suara PPP pada Pileg 2014 mengantongi 8.157.488 atau 6,53 persen suara,” jelasnya.

Jerry memprediksi, suara PKB bisa saja semakin menyusut.

“Kalau tidak diantisipasi dan berubah partai ini bisa ditinggalkan pemilih ulama dan santri,” tuturnya.

PKB merupakan partai yang kental dengan ulama dan santri ini, Jerry menegaskan harusnya bersih dari praktik korupsi.

“Cak Imin saya lihat salah kaprah menahkodai partai besutan mendiang Gus Gur ini. Harusnya Cak Imin menerapkan pola good and clean party bukan corruption party,” tutupnya dengan tegas.

Penulis : AS | Editor : YES