IBC, PELALAWAN – Acara tahunan Bekudo Bono yang baru saja dilaksanakan pada 11 sampai 14 November 2019 di Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau cukup mencengangkan publik.

Perhelatan Akbar yang digadang-gadangkan tersebut dikabarkan menelan anggaran sebesar Rp 1 miliyar diluar dana sponsor dari beberapa perusahaan raksasa yang beroperasi di negeri Seiya sekata itu.

Kepala Dinas Pariwisata, Andi Yuliandri kepada IBC mengatakan, bahwa festival Bekudo Bono mendapat suntikan dana (dukungan) dari kementerian pariwisata (Kemenpar) sebesar Rp 1 milyar bagi daerah yang masuk dalam Calender of Event (COE).

“Alhamdulillah kita sangat berterimakasih atas dukungan Rp 1 milyar dari Kementerian Pariwisata bagi yang masuk dalam calender of event (CoE),” kata Andi melalui WhatsApp pribadinya beberapa waktu yang lalu.

Namun, menurut Andi uang Rp 1 milyar bukan ke Dinas Pariwisata Kabupaten Pelalawan.

“Alhamdulillah..tapi 1M bukan uang ke kita ya, tapi dukungan mereka terhadap promosi 60 persen dan 40 persen terhadap event. Ini ditenderkan mereka kepada EO, dan nantinya EO yang menjalankan sesuai hasil tender,” kata Kadis Pariwisata menjelaskan.

Dana sebesar itu terlihat kontras dengan performa dilapangan. Pasalnya tenda tamu yang digunakan dari penyedia Lokal dan sangat standar sekali. Catring lokal dan tenda stand peserta serta tenda camping sebanyak 73 unit terkesan biasa-biasa saja.

Seorang pengunjung mengatakan bahwa band yang digadang-gadangkan sebanyak 100 band akan memeriahkan acara tersebut ternyata hanya ada tiga Band saja yang tampil hingga tanggal (14/11/2019).

“Band ada 3 yang tampil, peserta surfing juga hanya 7 orang turis saja yang datang, acaranya sangat sederhana, bang,” jelas seorang pengunjung lokal yang berhasil dimintai pendapatnya saat ditemui IBC dilokasi acara pada Kamis 14 November 2019.

Kadis Pariwisata belum memberi jawaban atas besaran anggaran dan sumber dana yang diperuntukkan untuk acara Bekudo Bono itu.

Antoni Nicholas peselancar internasional yang dikabarkan datang, tidak terlihat sama sekali dilokasi acara. Misical mancanegara yang terdiri dari beberapa negara Asia, seperti Malaysia, Korea, Thailand dan Indonesia hanya Hulu Balang Kucing Hitam yang performance.

Penulis : Faisal | Editor : YES