IBC, JAKARTA – Kehadiran tujuh orang Staf Khusus baru Jokowi dari kalangan milenial mendapat tanggapan sinis oleh tokoh politik nasional. Hal tersebut mendapatkan tanggapan dari Koordinator Nasional Poros Benhil Aznil Tan, yang mengatakan, bahwa pejabat negara bukanlah anak magang.

“Tidak ada istilah magang dalam pejabat negara. Itu merendahkan generasi milenial bagi orang yang menyatakan stafsus presiden adalah anak magang,” kata Aznil melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (25/11/2019).

Ia juga menjelaskan lebih lanjut, tugas pokok dan fungsi Staf Khusus Presiden sudah diatur oleh Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua, Atas Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2012 tentang utusan Khusus Presiden, Staf Khusus Presiden, dan Staf Khusus Wakil Presiden.

“Stafsus itu sudah diatur dalam Perpres dan dibolehkan sebanyak 15 orang. Jokowi ambil 7 orang Stafsusnya dari kalangan milenial. Itu sah-sah saja. Jadi jangan remehkan kami dari kalangan muda disebut anak magang,” ujarnya.

Aznil menyakini kemampuan anak muda sekarang lebih unggul dari produk Orde Baru (Orba). Langkah Jokowi melibatkan milenial dan kaum perempuan seta difabel dalam kepemimpinannya merupakan upaya dalam alih generasi sebagaimana diperjuangkan reformasi 1998 dulu.

“Kami adalah produk bersih yang lepas dari kontaminasi virus Orba yang selama ini membuat bangsa kita tidak keluar dari lingkaran setan. Nah, ini yang dimulai Jokowi,” imbuhnya.

Kebutuhan generasi milenial merupakan bentuk memujudkan visi Indonesia menjadi Indonesia Maju

“Tuntutan jaman sudah beda. Sekarang jaman now, jaman revolusi industri 4.0 maka Jokowi butuh pemikiran terkini agar anak bangsa lincah merebut peluang dan menjadi pemenang. Indonesia maju itu tidak laku lagi pemikiran jadul,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi memperkenalkan 7 staf khusus baru yang berasal dari kalangan milenial kehadapan publik.

Jokowi mengatakan, ketujuh Staf Khusus Presiden akan menjadi teman diskusinya. Mereka merupakan anak-anak muda berprestasi baik dikancah nasional maupun internasional. Rentang Usia mereka antara 23 – 36 tahun.

Sebelumnya seperti diberitakan Suara.com, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan, ia menganggap 7 stafsus milenial Jokowi seperti anak magang dalam sebuah perusahaan.

Penulis : ZK|Editor : YES