IBC, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri H.M. Tito Karnavian, mengapresiasi pemanfaatan data kependudukan yang dilakukan Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri. Menurutnya hal tersebut merupakan sebuah capaian yang membanggakan bagi Kemendagri dan bermanfaat bagi Kementerian/Lembaga yang menggunakannya.

Ia juga mencontohkan bagaimana kerjasama pemanfaatan data kependudukan yang dilakukan dengan Kementerian Sosial. Hal itu diungkapkannya saat memberikan sambutan dalam Rakornas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dirangkaikan dengan Launching Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Discovery Ancol Hotel, Taman Impian Ancol Jakarta, Senin (25/11/2019).

“Masalah Bansos, karena ada beberapa instansi menyampaikan bahwa Bansos tidak tepat sasaran pada orang yang tidak dianggap berhak, oleh karena itu bekerjasama (Kemensos) dan juga mendapat data dari Dukcapil agar tepat sasaran. Ini juga membanggakan kita,” kata Mendagri.

Mendagri Tito Karnavian, di Ancol, Jakarta, Senin (25/11/2019). Foto : Ist

Lebih lanjut Tito menyampaikan, mereka menggunakan data Dukcapil untuk menjadi data awal kegiatan-kegiatan mereka. Ia sendiri sebagai Mantan Kapolri sudah mengetahui bagaimana manfaat dari data Dukcapil dalam penanganan kejahatan misalnya.

Tak hanya itu, Mendagri menilai dengan adanya layanan Dukcapil Go Digital dan transformasi Dukcapil dari Dokumen Kependudukan menuju Data Kependudukan akan memberikan manfaat dan menghasilkan efek domino bagi masyarakat.

Mendagri Tito Karnavian, di Ancol, Jakarta, Senin (25/11/2019). Foto : Ist

“Tapi kita melihat sekarang ini dari paparan yang tadi disampaikan oleh Pak Zudan (Dirjen Dukcapil), penetapan, eksperimen, error, coba salah sampai ketemu yang terakhir seperti ini, bagi kita sangat membanggakan, mempermudah. Sehingga kita melihat dengan teknologi informasi digital ini, kita sudah memiliki sistem digital untuk kependudukan, dan sistem digital ini memberikan efek domino bagi urusan lain,” jelas dia.

Sebagai negara dengan penduduk terbesar nomor 4 di dunia, Indonesia telah berbenah dalam hal mengurusi data Kependudukan masyarakatnya. Dengan transformasi yang dilakukan Ditjen Dukcapil Kemendagri yang peka terhadap kebutuhan masyarakat era kini.

“Dukcapil Kemendagri telah melakukan terobosan yang tepat untuk mulai melayani masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi berbasis dan menghadirkan layanan berbasis digital,” pungkas Mendagri.

Penulis : ZK|Editor : DB