IBC, JAKARTA – Tim beregu putra bulutangkis Indonesia melangkah ke Final setelah mengalahkan Thailand dengan skor 3-0 di babak semifinal.

Pertandingan semifinal beregu putra bulutangkis pada ajang SEA Gamaes 2019 berlangsung di Kompleks Olahraga Muntinlupa, Filipina, Senin (2/12/2019).

Kepastian tim beregu pitra bulitangkis Indonesia melaju ke Final diperoleh setelah tunggal kedua Anthony Sinisuka Ginting mengalahkan tunggal kedua Thailand Sitthikom Thammasin 21-14 21-13.

Angka pertama Indonesia berhasil disumbangkan Jonatan Christie yang tampil sebagai tunggal pertama dengan mengalahakan Kantaphon Wangcharoen dengan rubber game 22-20 8-21 21-8.

Pada game pertama Jojo sapaan akrab Jonatan Christie langsung memimpin 4-1, namun Wangcharoen pelan numn pasti dapat menyusul bahkan memimpin dengan 9-7.

Pasca interval 11-9 untuk Wangcharoen perolehan angka kedua pemain berlangsung ketat dan saling susul perolehan angka bahkan terjadi 6 kali angka yang sama sejak 15-15 hingga terjadi setting 20-20 dan akhirnya game pertama dimenangkan Jojo dengan skor 22-20.

Wangcharoen merubah gaya permainan dengan menekan Jojo di game kedua dan mampu memimpin 4-1 hingga memimpin 11-6.

Pasca interval 11-6, perolehan angka Wangcharoen terus melaju dan dapat merebut game kedua ini dengan skor 21-8. Pertarungan pun harus diselesaikan melalui rubber game.

Peroleham angka kedua tunggal putra pada game ketiga ini berlangsung ketat dan Jojo memimpin 3-2 pada awal game ini.

Jojo terus menekan pertahanan Wangcharoen yang membuat perolehan poinnya tidak terkejar dan memimpin 11-6. Setelah interval 11-6 Jojo terus melelsat dan akhirnya menutup game ketiga dengan skor 21-8.

Dengan kemenangan Jojo atas Wangcharoen melalui rubber game membuat tim beregu putra Bulutangkis Indonesia memimpin 1-0 atas Thailand.

Partai kedua mempertandingkan ganda putra, Indonesia menurunkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhadapan ganda putra Thailand Bodin Isara/Maneepong Jongjit.

Ganda putra Thailand Isara/Maneepong tampil menyeramg pertahanan Fajar/Rian sehingga memimpin 9-7 dan 11-9 sehingga dilakukan interval pada game pertama.

Selepas interval 11-9, Fajar/Rian terus tertinggal dalam perolehan poin dengan skor 16-19 untuk Isara/Maneepong namun pelan tapi pasti ganda putra Indonesia mampu menyamakan skor 20-20 hingga terjadi setting dan game pertama dapat ditutup Fajar/Rian dengan skor 22-20.

Fajar/Rian pada awal game kedua mampu mengendlaikan pertandingan dengan menimpin 5-3. dan terus melaju dengan skor 11-9 yang harus dilakukan interval.

Sempat tertinggal 15-14, Isara/Maneepong secara gigih dapat menyamakan poin menjadi 17-17 dan akhirnya merebut game kedua ini dengan skor 21-19 yang memaksa pertarungan harus dilanjutkan dengan rubber game.

Di awal game penentuan ini kedua ganda berbagi poin sama 4-4, namun setelah itu Fajar/Rian terus memimpin peroleh poin 11-7.

Sehabis poin 11-7 perolehan poin Fajar/Rian tidak dapat dibendung Isara/Maneepong sehingga ganda putra Indonesia menyudahi game ketiga ini dengan skor 21-17.

Selanjutnya tunggal putra kenbali dimainkan pada partai ketiga ini, Anthony Sinisuka Ginting akan bertanding melawan Sitthikom Thammasin.

Ginting sebagai tunggal kedua Indonesia di game pertama tampil trengginas yang membuatnya dapat memimpin 11-5 atas Thammasin.

Poin Ginting tidak dapat dikejar oleh Thammasin dan terus memimpin 18-12 serta dapat merebut game pertama ini dengan skor 21-14.

Hal yang sama dilakukan Ginting pada game kedua, dirinya terus menekan Thammasin dan memimpin 7-6.

Semenjak lepas interval dengan poin 11-9 perolehan poin Ginting terus melesat dan memimpin 17-12 yang akhirnya menutup game kedua ini dengan skor 21-13.

Dengan kemenangan Anthony Sinisuka Ginting membuat tim beregu putra bulutangkis Indonesia menang 3-0 atas Thailand dan 2 partai tersisa tidak harus dimainkan serta membuat Indonesia melaju ke Final beregu putra Bulutangkis SEA Games 2019.

Penulis : FA | Editor : YES