IBC, JAKARTA – Liverpiol mampu pecundamgi klub sekotanya, Everton dalam derby Merseyside pada lanjutan Liga Inggris pekan ke-15 dengan skor 5-2 di Stadion Anfield, Kamis (5/12/2019) dini hari.

Pada pertandinagn tengah pekan ini pelatih Liverpool Jurgen Kloop merotasi pemain dengan mengistirahatkan Mohammad Salah, Roberto Firminio, Alisson Becker dan Jordan Handeraon.

The Reds lamgsung mengambil inisiatip serangan pada babak pertama dengan menekan pertahanan Everton.

Pertandingan baru berjalan lima menit Divock Origi membawa Liverpool unggul. Gol Origi berawal dari sebuah serangan balik cepat, Sadio Mane memberikan umpan terobosan kepada Origi tanpa kesulitan, pemain asal Perancis ini mampu melewati Pickford untuk kemudian melesakkan bola ke gawang yang sudah kosong.

Unggul satu gol membuat Liverpook terus menekan pertahanan Everto, Lallana mendapatkan peluang memanfaatkan sodoran pendek Origi namun sayang tembakannya masih melebar jauh dari gawang.

Menit ke-19 Liverpool memperbeaar keunggulannya melalui Shaqiri yang mengkonversi umpan terobosan Mane dan pemain asal Turki ini yang berlari dari belakang lamgsung menyambarnya.

Selang dua menit Everton langsung membayar gol Shaqiri. Gol balasan Everton berawal dari kesalahan yang dilakukan oleh Lovren saat menyambut umpan silang, Keane yang berdiri bebas mampu mencocor bola dan gol.

Tuan rumah kembali menjauh pada menit 32 lewat umpan panjang Lovren dan Origi sukses lolos dari jebakan offside mampu menyambutnya dengan tembakan lop yabg tidak dapat dijangkau Pickford , bola meluncur ke gawang skir pun berubah 3-1.

Mane mendapat peluang emas di menit 37 namun tembakan kerasnya mampu diblok Pickford.

Anak asuh Jutgen Kloop memperbesar kemenangan pada menit 44. Berawal dari serangan balik cepat, Alexander-Arnold sukses memberikan umpan kepada Mane, tanpa ancang-ancang lansung menendang dan bola meluncur cepat tanpa mampu dijangkau Pickford.

Di waktu injury time , Everton mampu memperkecil ketertinggalannya, memanfaatkan umpan silang Bernard dan Richarlison mampu meyundul bola dengan baik.

Wasitpun meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama dengan keunggulan Liverpool 4-2.

Awal babak kedua Everton tampil menyerang untuk mengejar selisih gol dari Liverpool. Usaha mereka nyaris saja berbuahkan hasil. Berawal dari tendangan sudut, namun sundulan jarak dekat dari Richarlison masih bisa mudah ditangkap kiper. 

Sisa 25 menit terakhir babak kedua, Liverpool terlihat mengurung pertahanan Everton. Tetapi mereka kesulitan untuk masuk ke kotak penalti lawan.

Wijnaldum mendapatkan peluang di menit 77 dari tendangan bebas yang dilakukan Shaqiri, namun sundulannya masih melambung jauh ke atas mistar gawang.

Sebuah peluang emas di menit 80 diperoleh Mane, menyambut umpan panjang Handerson, pemain asal Kamerun ini tinggal berhadapan dengan kiper namun sayang tendangannya masih melebar di sisi kiri gawang Pickford.

Tidak berselang lama Sadio Mane kembali mendapatkan peluang emas dan tinggal berhadapan kiper memilih melewatinya terlalu lama menggoreng bola peluang tersebut gagal karena diblok Mina.

Satu menit kemudian Kean mendapatkan peluang bagus yang hasilnya masih gagal menjadi gol karena sepakan kerasnya melebar di sisi kanan gawang Adrian.

Berawal dari setelah penetrasi yang dilakukan oleh Firmino dari sisi kiri pada menit 90 dan diselesaikan dengan tembakan keras Wijnaldum membuat skor berubah menjadi 5-2.

Skor 5-2 tersebut bertahan hingga wasip meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak kedua.

Dengan kemenangan tersebut membuat Liverpool masih bertengger di puncak klasemen sementara Liga Inggris dengan poin 43 dari 14 kemenangan dan satu seri tanpa kekalahan.

Susunan pemain:

Liverpool: Adrián; Alexander-Arnold, Van Dijk, Lovren, Robertson; Milner, Wijnaldum, Lallana; Shaqiri, Origi, Mané.

Everton: Pickford; Sidibé, Holgate, Mina, Keane, Digne; Iwobi, Davies, Sigurdsson, Richarlison; Calvert-Lewin.

Penulis : FA | Editor : YES