IBC, JAKARTA – Timnas Indonesia U-22 mencukur timnas Laos U-22 4-0 dipertandingan terakhir grup B cabor Sepakbola pada ajang SEA Games 2019 yang berlangsung di Stadion Imus Cavite, Kamis (5/12/2019).

Tim asuhan Indra Sjafri wajib menang untuk memastikan langkah ke babak semifinal cabor sepakbola SEA Games 2019 di Filipina.

Tampil menyerang Indonesia langsung unggul cepat pada menit ke-5 lewat sepakan Saddil Ramdani yang gagal untuk diantisipasi para pemain lini pertahanan maupun penjaga gawang Laos.

Unggul cepat para pemain Garuda Muda terus mencoba menambah gol, namun kandas dengan rapatnya pertahanan Laos.

Pada menit 28, Indonesia melancarkan serangan, Osvaldo Haay mencoba melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti, namun arahnya masih melebar di sisi kiri gawang Laos.

Laos mendapatkan peluang melalui tendangan bebas. Tendangan yang dilepaskan oleh Soukaphone Vongchiengkham masih bisa ditepis oleh Nadeo Argawinata.

Hingga wasit meniup peluit tanda turun minum skor 1-0 tetap bertahan.

Babak kedua timnas Indonesia tidak mengendurkan seramgan. Akhirnya pada menit 47 Osvaldo Haay mencatatkan namanya di papan skor.

Garuda Muda berhasil memperbesar kemenangan pada menit 72 melalui Bagas Adi Nugroho. Bagas yang tampil sebagai algojo gagal mengeksekusi penalti namun bola hasil tepisan kiper Laos Solasak Thilavong langsung disambarnya dan berbuah gol membuat skor berubah menjadi 3-0.

Saat pertandinagn memasuki menit akhir tambahan waktu babak kedua, Osvaldo kembali mencetak gol kemenangan 4-0.

Skor 4-0 untuk kemenangan Indonesia atas Laos bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Dengan kemenangan ini Indonesia lolos ke babak semi-final sebagai runner up Grup B karena di pertandingan lainnya Vietnam ditahan imbang 2-2 oleh Thailand.

Anak asuhan Indra Sjafri akan menantang Myanmar sebagai pemuncak Grup A untuk memperebutkan satu tiket ke babak final SEA Games 2019.

Susunan Pemain:

INDONESIA: Nadeo Argawinata, Andy Setyo Nugroho, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Asnawi Mangkualam Bahar, Evan Dimas Darmono, Zulfiandi, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Syahrian Abimanyu, Osvaldo Haay.

LAOS: Solasak Thilavong, Bounphitak Chanthalangsy, Kittisak Phomvongsa, Loungleuang Keophouvong, Aphixay Thankhanty, Kaharn Phetsivilay, Vanna Bounlovongsa, Somvasath Sophabmixay, Somlith Sengvanny, Soukaphone Vongchiengkham, Somxay Keonaham.

Penulis : FA | Editor : YES