IBC, JAKARTA – Liverpool dapat mengatasi perlawanan tuan rumah Bournemouth pada pekan 16 diajang Liga Inggris, Sabtu (7/12/2019).

Walau tampil sebagai tamu Liverpool masih terlalu tangguh bagi Bournemouth dengan memetik kemenangan 3-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Vitality Stadium.

Ketiga gol tim Merseyside dicetak Alex Oxlade-Chamberlain menit 35, Naby Keita di menit 44 dan Mohammed Salah pada menit 54.

Pada awal babak pertama tepatnya di menit ketujuh Liverpool mendapatkan peluang emas lewat Salah. Peluang bintang Mesir merupakan kerja sama James Milner dan Joe Gomez berakhir di kaki Mohamed Salah.

Setlah menerima umpan penyerang Mesir ini memiliki ruang untuk menembak bola dengan kaki kirinya. Namun tendangannya dapat diantisipasi gemilang kiper Aaron Romsdale.

Memasuki menit ke-20, Dominic Solanke mendapatkan momentum ketika beradu lari dengan Dejan Lovren. Sang striker berusaha mencari celah untuk menyepak bola, tetapi Dejan Lovren sigap meredamnya dan si kulit bulat melebar.

Milner pada menit 24 nyaris membawa Liverpool unggul dengan memanfaatkan bola liar namun sayang tendangannya masih melenceng dari gawang.

Alex Oxlade-Chamberlain membuka kemenangan bagi Liverpool sepuluh menit sebelum babak pertama berakhir. Ox memanfaatkan umpan Jordan Henderson dan menembak bola tanpa bisa diantisipasi Romsdale.

Firmino mendapatkan kesempatan bagus untuk menggandakan kemenangan pada menit ke-38 dengan menembak bola dari jarak 20 meter namun dapat ditangkap Romsdale dengan baik.

Sesaat sebelum wasit meniup peluit panjang, Naby Keita mencatatkan namanya di papan skor membuat keunggulan Liverpool 2-0, yang sukses mengonversi umpan backheel indah Salah.

Detik-detik sebelum wasit meniup peluit panjang, Sang Kapten Henderson berkesempatan menambah pundi-pundi gol namun tendangannya dapat ditahan Ramsdale.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama skor 2-0 untuk Liverpool bertahan.

Babak kedua baru berjalan lima menit, Robertson melakukan umpan silang ke tepi kotak penalti dan Keita meneruskannya dengan sepakan voli namun bola mengarah tepat ke dekapan Ramsdale.

Di menit ke-54, Salah menambah keunggulan Liverpool 3-0. Berawal dari kreasi Keita dan memudahkan Salah untuk masuk ke jantung pertahanan The Cherries dengan mudah menaklukkan Ramsdale.

Bournemouth hampir membuat blunder ketika backpass Lewis Cook malah mengarah ke Salah di menit ke-84. Beruntung, Romsdale bereaksi cepat untuk mensterilkan areanya sebelum bola dikuasai Salah.

Dua menit sebelum pertandingan rampung, Xherdan Shaqiri melepaskan tembakan ambisius dari luar kotak penalti namun tembakan gelandang Turki ini melambung ke atas gawang.

Dengan tambahan tiga angka ini, Liverpool semakin digdaya di puncak klasemen Liga Primer dengan perolehan 46 poin, mengangkangi Leicester City 11 poin selaku penguasa runner-up.

Susunan pemain
Bournemouth XI: Ramsdale; Francis, Ake, Diego Rico, Mepham; Fraser, Lerma, Billing, Wilson; Solanke, Groeneveld.

Liverpool XI: Alisson; Gomez, Lovren, Van Dijk, Robertson; Milner, Henderson, Keita; Oxlade-Chamberlain, Firmino, Salah.

Penulis : AS | Editor : YES