IBC, TUBANKarang Taruna Tunas Muda Kedungsoko menyelenggarakan kegiatan pelatihan jurnalistik pada Minggu (15/12/2019). Kegiatan yang bertempat di Balai Desa Kedungsoko tersebut diikuti oleh 30 orang pemuda.

Ketua Karang Taruna Tunas Muda, Untung, menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam menghadapi perkembangan zaman, khususnya Industri 4.0.

Menurutnya, meskipun bertempat tinggal di desa, generasi milenial Kedungsoko harus tetap meningkatkan kemampuan dirinya agar tidak tertinggal oleh kemajuan teknologi.

“Anak-anak muda harus mempelajari banyak hal, salah satunya jurnalistik, agar mereka bisa menyesuaikan diri dalam menghadapi kemajuan zaman,” ujar dia.

Untung mengatakan, Desa Kedungsoko memiliki banyak sekali potensi yang harus dikembangkan dan ditingkatkan, terutama berkaitan dengan perekonomian dan pertanian.

Oleh sebab itu, Ia berharap, setelah mempelajari teknik jurnalistik, anak-anak muda Kedungsoko dapat berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Semua potensi yang ada harus dikabarkan kepada publik, bisa dengan cara memaksimalkan website desa,” tandasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Kedungsoko, M. Rifai menambahkan, pihaknya mendukung kegiatan pelatihan jurnalistik tersebut.

Dia berharap generasi muda memiliki kontribusi dalam memajukan desa, salah satunya terlibat dalam pengelolaan website desa. “Pemuda Desa Kedungsoko harus berani tampil beda dan mampu mengaplikasikan ilmu jurnalistik untuk mengelola website desa,” imbuhnya.

Rifai juga menegaskan bahwa Pemerintah Desa siap mengalokasikan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk kegiatan-kegiatan kepemudaan.

“Setelah pelatihan jurnalistik ini, diharapkan ada pelatihan menjadi MC atau master of ceremony/pembawa acara,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) telah mencanangkan program smart village, salah satunya dengan membuatkan website kepada 311 desa dan 17 kelurahan di 20 kecamatan.

Penulis : MH|Editor : SD