IBC, MEDAN – Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) melaksanakan serah terima jabatan lima Kapolres yang berada di wilayah hukumnya.

Kelima Polres itu adalah Kapolres Sergai, Kapolres Batubara, Kapolres Pelabuhan Belawan, Kapolres Humbahas dan Kapolres Binjai Polda Sumut.

Turut hadir dalam serah terima jabatan tersebut Waka Polda Sumut, Irwasda, Para PJU Polda Sumut, Para Kapolres Sejajaran  dan Ketua Bhayangkari Sumut, Bertempat di Aula Tribrata Polda Sumut dilaksanakan. Rabu (18/12/2019) sekitar pukul 09.00 WIB.

Kapolda Sumut Irjen Polisi Martuani Sormin mengatakan hari ini kita hadir untuk mengikuti kegiatan ini Upacara Serah Terima Jabatan Kapolres Serdang Bedagai, Kapolres Batu Bara, Kapolres Pelabuhan Belawan, Kapolres Humbang Hasundutan Dan Kapolres Binjai Sejajaran Polda Sumatera Utara di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

“Serah terima jabatan dilingkungan Polri, merupakan salah satu proses pembinaan SDM melalui regenerasi struktural,” kata Martuani dalam sambutannya.

Selanjutnya Martuani menyampaikan untuk mengisi jabatan strategis di tubuh polri guna kepentingan organisasi.

“Kita maklumi bersama, .Artinya saat ini dilantik, maka kita harus siap besok hari diganti,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini juga Martuani menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pejabat lama yaitu:

  1. AKBP Nugroho Tri Nuryanto atas pelaksanaan tugas yang baik sebagai Kapolres Binjaipolda Sumut dan selamat melaksanakan tugas yang baru sebagai Kapolres Jepara Polda Jawa Tengah.
  2. AKBP Edwin Hatorangan Hariandja atas pelaksanaan tugas yang baik sebagai Kapolres Sibolgapolda Sumut dan selamat melaksanakan tugas yang baru sebagai Wadir Intelkam Polda Metro Jaya.

“Terima kasih atas pengabdian dan dedikasi saudara-saudara beserta istri selama bertugas dan berkarya di Polda Sumatera Utara, semoga kebersamaan kita selama ini dapat menjadi pendorong dan inspirasi untuk mencapai kesuksesan dalam pelaksanaan tugas di tempat yang baru,” ucapnya.

Martuani kembali mengucapkan selamat kepada para pejabat yang mutasi di internal Polda Sumut yaitu:

  1. AKBP Juliarman Eka Putra Pasaribu, semula menjabat sebagai Kapolres Serdang Bedagai Polda Sumut dan sekarang melaksanakan tugas sebagai Kabag Rbprorena Polda Sumut.
  2. AKBP Robinson Simatupang semula menjabat sebagai Kapolresbatu Bara Polda Sumut dan sekarang melaksanakan tugas sebagai Kapolres Serdang Bedagai Polda Sumut.
  3. AKBP Ikhwan semula menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Belawan Polda Sumut, Dan sekarang melaksanakan tugas sebagai Kapolres Batu Bara Polda Sumut.
  4. AKBP M. Rahmani Dayan semula menjabat sebagai Kapolres Humbang Hasundutan Polda Sumut, Dan sekarang melaksanakan tugas sebagai Kapolres Pelabuhan Belawan Polda Sumut.
  5. AKBP Romadhoni Sutardjo semula menjabat sebagai Kabagops Polrestabes Medan, Dan sekarang melaksanakan tugas sebagai Kapolres Binjai Polda Sumut.
  6. AKBP Triyadi semula menjabat sebagai Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sumut, dan sekarang melaksanakan tugas sebagai Kapolres Sibolga Polda Sumut.
  7. AKBP Rudi Hartono semula menjabat sebagai kasat Binmas Polrestabes Medan Polda Sumut, Dan sekarang melaksanakan tugas sebagai Kapolres Humbang Hasundutan Polda Sumut.

“Saya percaya, selama bertugas di Polda Sumut dan jajaran tentunya saudara sudah paham betul peta kerawanan kamtibmas dan karakter masyarakat Sumut, Sehingga dalam bertugas pada jabatan yang baru, Saudara tidak memerlukan waktu yang lama untuk beradaptasi,” ucapnya lagi.

Lebih lanjut Martuani berpesan kepada pejabat baru agar bisa menjaga kamtibmas di wilayah kerjanya.

“Saudara harus mampu menampilkan operasional kepolisian yang baik, Dalam mengantisipasi kerawanan kamtibmas dan mampu menjalin kemitraan yang sinergis bersama potensi masyarakat,” pesannya.

Dirinya berharap pejabat baru dapat segera menjalin kerjasama yang sinergis dengan para pejabat utama dan kasatwil sejajaran Polda Sumut lainnya,

“Sehingga tercipta soliditas dalam rangka kesuksesan pelaksanaantugasdan dapat mengimplementasikan Tujuh Program Prioritas Kapolri dan Commander Wish Kapolda Sumut,” harap Martuani.

Masih kata Martuani terlebih lagi tugas sudah didepan mata untuk pengamanan Hari Raya Natal Dan Tahun Baru 2020 serta Pilkada 2020 Mendatang,

“Lebih baik mencegah dari pada menanggulangi, Lakukan perubahan terhadap mindset dan culture Setpara anggota ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

Terakhir Martuani menyampaikan jadikan jabatanmu sebagai ibadah bagi masyarakat Bangsa dan Negara.

“Kita harus Humanis dan bisa memahami tugas kita,” tutupnya.

Penulis : Rj Samosir | Editor : YES